Yuk, Berkunjung ke Waduk Sermo Yogyakarta

Waduk sermo, wisata alam jogja

Waduk Sermo via infowisatajogjaku.blogspot.com

Waduk Sermo via infowisatajogjaku.blogspot.com

Lokasi tempat wisata alam yogya, waduk sermo bisa dibilang cukup strategis, karena berada diantara dua bukit yang masih ditumbuhi banyak pepohonan, dan dengan adanya hutan wisata sehingga membuatnya tampak hijau dan sejuk. Disana terdapat jalan yang mengitari waduk, sehingga pengunjung dapat berjalan menikmati waduk dengan leluasa dari sudut pandang manapun. Disepanjang jalan melingkar terdapat rumah panggung dan tempat persinggahan berupa rumah jamur. Selain itu, terdapat pula bengkel, warung makan, dan juga toilet umum. Disamping itu disediakan juga wisma dan vila, jika anda ingin menikmati keindahan waduk sermo di malam hari. Untuk pengunjung yang ingin menikmati waduk sermo dari air, disini sudah disediakan fasilitas berupa penyewaan gethek (perahu) dan juga perahu motor. Untuk pengunjung yang hobi memancing, disini tidak dipungut biaya. pengunjung cukup membawa alat panjing pribadi dan bisa memancing sepuasnya, namun meskipun memancing gratis, terdapat beberapa kawasan yang dilarang memancing karena berbahaya.

Sekilas Sejarah Waduk Sermo

Berdasarkan info yang di dapat dari wikipedia, waduk sermo diresmikan oleh presiden Soeharto 20 november 1996 silam dibuat dengan membendung kali ngancah. dengan biaya pembangunan mencapai Rp 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan. Untuk pembangunan waduk ini, Pemda Kulon Progo melakukan transmigrasi massal alias “bedol desa”. Sebanyak 100 KK ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK ditransmigrasikan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit Riau. Tujuan pembangunan waduk ini adalah untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 Ha. Sistem irigasi tersebut merupakan interkoneksi dari beberapa daerah irigasi.

Pemandangan waduk sermo memang sangat eksotik dengan dikelilingi dua bukit yang penuh dengan pepohonan ditambah keindahan konstruksi bangunan. Semilir angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk bisa membuat anda lebih santai sembari menikmati panorama waduk ini. Selain itu, perahu wisata yang disediakan di waduk sermo ini siap membawa pengunjung berkeliling menikmati keindahan waduk sermo dari air. Gardu pandang yang terdapat di waduk ini juga dapat wisatawan gunakan untuk spot foto dan menikmati keindahan waduk sermo dari ketinggian. Menikmati keindahan waduk sermo dari gardu ini tidak dikenakan biaya dan dijamin sangat pas untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Harga Tiket Wisata Alam Jogja Waduk Sermo

Dari berbagai fasilitas yang disediakan di waduk sermo, harga tiket masuknya terbilang murah dan sangat terjangkau. Berikut rinciannya :

Biaya masuk perorang Rp. 2.000

Biaya parkir sepeda motor Rp. 1.000 (diluar biaya masuk perorang)

Biaya parkit mobil Rp. 3.000 (diluar biaya masuk perorang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp