10 Tempat Wisata Belanja Jogja dan Tips Belanja Hemat

Dalam kesempatan ini kami admin sewa motor jogja akan berbagi info mengenai 10 Tempat Wisata Belanja Jogja dan Tips Belanja Hemat yang kami kira anda akan tertarik untuk membacanya, sebagai salah satu panduan anda dalam melakukan wisata belanja di kota Jogja. Setelah menikmati pemandangan alam maupun kuliner yang ada di kota Jogja, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi beragam lokasi wisata belanja Jogja untuk berbelanja cinderamata. Berikut adalah beberapa lokasi wisata belanja di kota Jogja yang bisa dikunjungi sebelum pulang ke kampung halaman.

  1. Malioboro
  2. Malioboro Yogyakarta bukanlah daerah yang asing untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Sepanjang jalan Malioboro ini, Anda bisa menemukan beragam penjual kaos, aksesoris, dan batik yang menjual produknya dengan harga terjangkau. Anda bisa menawar barang apapun yang dijual disini dengan harga grosir. Namun demikian, jika Anda tidak ingin terjebak kemacetan, akan lebih baik jika Anda mengunjungi Malioboro tidak di jam sibuk.

  3. Pasar Beringharjo
  4. Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional yang sekarang ini memiliki konsep lebih modern, baik dari segi dagangan maupun peremajaan tata letak pedagang. Pasar yang terletak di area Malioboro ini menjual beragam jenis batik, kain meteran, mukena, atau oleh-oleh lain yang bisa Anda bawa pulang dengan harga terjangkau. Pasar ini seringkali menjadi tujuan utama bagi wisatawan domestik yang berniat memulai bisnis dengan membeli produk-produk yang ada di pasar Beringharjo.

  5. Pasar Klitikan
  6. Pasar Klitikan dahulunya lebih dikenal dengan sebutan pasar maling karena barang-barang yang dijual di tempat ini adalah barang gelap. Namun demikian, seiring peremajaan dan pengubahan konsep pasar yang dilakukan oleh Dinas Pasar setempat, pasar Klitikan yang terletak di kawasan Wirobrajan menjadi tempat pengunjung yang ingin mendapatkan onderdil motor atau barang langka dengan harga murah.

  7. Pusat Pengrajin Perak Kotagede
  8. Ketika Anda senang dengan beragam perhiasan yang dibuat dari bahan dasar perak, Anda bisa langsung datang ke Kotagede yang terkenal sebagai sentra pengrajin perak. Ditempat ini, Anda bisa memesan beragam jenis perhiasan, seperti cincin, liontin kalung, maupun aksesoris lainnya dengan harga relatif terjangkau. Beberapa pengrajin di tempat ini umumnya juga memberikan layanan pembersihan perhiasan seumur hidup. Dengan begitu, perhiasan perak Anda akan selalu terlihat seperti perhiasan baru.

  9. Pusat Pengrajin Gerabah Kasongan
  10. Saat Anda senang dengan beragam jenis kerajinan yang berasal dari gerabah, Anda bisa mencoba datang ke daerah Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Tempat wisata belanja yang bisa ditempuh dengan mobil sekitar 20-30 menit dari pusat kota ini menyediakan beragam kerajinan seperti patung, gelas, lampu hias, atau beragam aksesoris lain yang terbuat dari gerabah.

  11. Sentra Batik Kayu Krebet
  12. Ketika Anda ingin mengkoleksi beragam benda seni dengan motif batik dan bahan dasar utama kayu, Anda bisa mencoba datang berkunjung ke desa wisata Krebet. Desa wisata yang satu ini penuh dengan pengrajin yang menjual beragam produk kayu yang dilukis motif batik. Harga yang ditawarkan untuk setiap produk bisa dikatakan cukup murah.

  13. Pusat Kerajinan Kulit Manding
  14. Bagi Anda yang menyukai kerajinan dari kulit sapi atau kambing, berupa dompet, jaket, serta tas, Anda bisa langsung membelinya ke daerah Manding yang terletakdi Jl. Parangtritis km 11. Kualitas kulit yang dipakai ditempat ini sangat tinggi sehingga keawetannya terjamin. Selain membeli langsung produk kulit dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa melihat proses pembuatan produk yang Anda beli.

  15. Pusat Produksi Coklat Monggo
  16. Di Jogjakarta, penikmat coklat juga bisa membawa pulang oleh-oleh coklat aneka rasa dari pabrik coklat Monggo yang ada di daerah Bantul. Produk coklat Monggo dibuat dari coklat berkualitas tinggi sehingga citarasa yang diberikan relatif khas dan berbeda jika dibandingkan produk coklat lainnya.

  17. Pasar Satwa dan Tanaman Hias
  18. Jika Anda termasuk orang yang senang dengan hewan maupun tanaman hias, Anda bisa mencoba datang ke PASTY yang terletak di daerah Dongkelan. Dari tempat ini, Anda bisa membawa pulang beragam jenis bibit tanaman. Tidak hanya itu, untuk beberapa jenis burung atau ikan, Anda bisa membawa anakan yang jelas sehat dan produktif.

  19. Shopping Centre
  20. Jika Anda tergolong mahasiswa atau penikmat buku, Anda bisa mencoba berbelanja buku lama maupun baru di Shopping Centre yang terletak berdampingan dengan obyek wisata Taman Pintar Yogyakarta. Ditempat ini, ada puluhan kios yang menjual buku baru maupun buku lama dengan harga relatif terjangkau daripada toko buku pada umumnya. Setelah Anda mengetahui informasi tentang lokasi wisata belanja Jogja, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut saat berbelanja agar budget yang Anda keluarkan tidak mengalami pembengkakan.

    Baca Juga : 6 Tujuan Wisata Belanja Jogja Paling Seru

    • Tentukan dana yang akan dipakai untuk membeli oleh-oleh
    • Ketika Anda ingin membeli oleh-oleh tanpa mengalami pembengkakan dana, akan lebih baik jika Anda menentukan terlebih dahulu besaran dana yang akan dipakai untuk membeli oleh-oleh. Dana ini nantinya disesuaikan dengan jumlah oleh-oleh yang ingin dibeli.

    • Menentukan jenis barang yang akan dibeli
    • Terkadang kita pasti ingin membeli lebih dari satu jenis oleh-oleh saat berkunjung ke suatu tempat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda sudah menentukan apa saja jenis barang yang akan Anda beli sebagai oleh-oleh orang rumah.

    • Mengetahui toko atau kios yang mau memberikan harga termurah
    • Agar Anda bisa lebih hemat saat membeli oleh-oleh, cobalah cari informasi toko-toko yang bisa menyediakan kebutuhan Anda dengan harga terjangkau.

5/5 (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *