4 Alasan Kenapa Kali Kuning Cocok Buat Ngilangin Stres Kamu

Menikmati akhir pekan dengan menghilang dari hiruk pikuk kota adalah salah satu alternatif cara agar di pekan depan kamu bisa lebih semangat saat kembali kerja. Salah satu rekomendasi wisata alam jogja, yang dimana kamu bisa menghirup udara segar dan bikin otak kamu fresh lagi yaitu di wisata alam kali kuning jogjakarta. Terletak di salah satu sudut lereng gunung merapi. Wisata alam ini sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing, camping / kegiatan pramuka, outbond training, atau sekedar foto-foto untuk nambah koleksi foto narsi kamu. Wisata kali kuning juga sangat sering digunakan untuk lokasi prewedding karena memang tempatnya yang syahdu.

Menikmati Udara Sejuk Pegunungan, yang pastinya bikin rasa penat dan stressmu minggat

Kali Kuning via https://www.instagram.com/p/BLJHGH2BRfj/

Kali Kuning via https://www.instagram.com/p/BLJHGH2BRfj/

Yaa meskipun karena musibah meletusnya gunung merepi beberapa waktu lalu. Menyisakan batu batu yang besar disekitar kali dan menyebabkan air yang mengalir disungai hanya sedikit. Tetapi, kawasan wisata alam kali kuning ini tetap menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Seperti pegunungan, pepohonan yang sudah mulai tumbuh, udara segar pegunungan, dan sungai yang tetap jernih.

Tebing bebatuan andesit, buat kamu yang ingin menjajal skill sebagai climber

Di wisata alam kali kuning, kamu juga bisa melihat pemandangan di sekitar tempat ini yang dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat menawan. Melihat megahnya tebing andesit seakan membawa kamu pada suasana yang berbeda. Memanjat tebing andesit ini juga menjadi kegiatan yang sangat menantang. Biasanya banyak para climbers yang ingin menguji skill mereka dengan menaklukkan batuan tebing di kali kuning ini.

Jika kamu ingin menjajal tebing andesit kali kuning, kamu bisa mencapainya dengan berjalan di jalan setapak sejauh sekitar 1 km. Selama perjalanan menyusuri jalan setapak kamu akan melihat pepohonan yang rindang dan menjumpai masyarakat setempat yang mencari rumput untuk pakan ternak mereka.

Kali Adem, yang pastinya bikin hati kamu makin adem

Pesona Kali Adem via https://www.instagram.com/p/BBpizSaRyRM/

Pesona Kali Adem via https://www.instagram.com/p/BBpizSaRyRM/

Menyusuri jalan di kali kuning, kamu akan menjumpai tempat yang benama kali adem. Dalam perjalanan tersebut kamu akan menjumpai dan melihat pemandangan yang sangat menarik seperti hutan pinus, puspa, rasamala, suara gemercik air. Udara yang sejuk segar dan sesekali kamu akan berjumpa dan bertegur sapa dengan penduduk setempat yang sedang mencari rumput untuk pakan ternak mereka. Selain itu, di kali adem kamu juga bisa menyaksikan pohon kina, bunga kantung samar yang sedang mekar, dan eleng hitam. Disini kamu juga bisa melihat elang jawa (Spizaetus Bartelsi) yang sedang beraktifitas. Perlu diketahui bahwa elang jawa ini merupakan burung yang dilindungi oleh undang-undang, jadi jangan terbesit untuk menjadikannya peliharaan di rumah.

Umbul Wadon, sumber mata air yang penting untuk jogja

Umbul Wadon via https://www.instagram.com/p/BBc3Y8uoX-5/

Umbul Wadon via https://www.instagram.com/p/BBc3Y8uoX-5/

Sumber air kali kuning ternyata berasal dari mata air yang bernama umbul wadon, yang memiliki ketinggian sekitar 1,240 mdpl. Mata air ini merupakan hulu dari aliran sungai das opak, das oya, dan das progo. Sumber mata air umbul wadon ini memiliki debit air sekitar 650 liter/detik saat musim hujan dan 400 liter/detik saat musim kemarau. Dan pastinya sumber mata air umbul wadon ini merupakan sumber air yang penting untuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Wisata Alam Kali Kuning:

Kawasan lokasi wisata alam kali kuning berada di kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses Menuju Kali Kuning:

Dari Kota Jogjakarta – menuju Jl. Kaliurang – Belok kanan (timur) – menuju ke arah kali kuning. Setelah turun dari kendaraan di pinggir jalan aspal, selanjutnya menuruni tangga bebatuan menuju kali kuning berjarak sekitar 1 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp