Kalibiru Kulon Progo

Lokasi

Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dulunya dikelola oleh pemerintah, namun sekarang hutan tersebut dikelola olah masyarakat sekitar dan dijadikan obyek wisata alam sekaligus wisata edukasi. Hutan wisata ini berada di perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kalibiru pada ketinggian 450 m dpl. Kalibiru memliki suhu yang sejuk dan udara segar sehingga sangat cocok dijadikan tempat berlibur. Sajian utama di tempat ini tentu saja adalah jalur treking yang memiliki pemandangan menawan. Wisata alam kalibiru ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dengan jalan-jalan menikmati kesegaran hutan dan medengarkan aneka cuit burung dan derik serangga.

Spot Foto

Tempat ini mendadak populer karena memiliki satu spot foto yang unik, yaitu berfoto diatas pohon pinus. Spot foto unik ini menjadi begitu istimewa karena pemandangan yang melatarinya pun istimewa, liuk indah Waduk Sermo dibingkai Perbukitan Menoreh yang memanjakan mata. Suasana pagi dan senja pun tak luput dari incaran. Di pagi hari, cahaya keemasan berpadu dengan kabut yang menggelayuti Perbukitan Menoreh akan memompa semangat kita. Sementara itu, suasana senja yang merubah warna langit dan waduk menjadi kuning keemasan terasa begitu syahdu. Untuk bisa sampai ke Desa Wisata Kalibiru ini tidak terlalu sulit, namun butuh berhati-hati. Sebaiknya bawalah kendaraan yang kondisinya prima sehingga tanjakan demi tanjakan dapat ditaklukkan dengan mudah.

Berhubung lokasinya di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang tersebut harus naik tangga. Karena itu ada seorang penjaga yang akan membantu pengunjung. Demi kenyamanan bersama dan alasan keselamatan, tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Harga Tiket Masuk Kalibiru Jogja

Untuk bisa menikmati wisata alam kalibiru kulon progo ini, kita harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 5.000 saja. Untuk parkir motor dengan biaya sebesar Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000.

Fasilitas objek wisata Kalibiru jogja

Berbagai fasilitas pendukung sudah disediakan disini, diantaranya area parkir yang luas, kios makanan, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp