Wisata Air Terjun Jurang Pulosari Bantul

Curug Pulosari Photo Via https://www.instagram.com/p/BBweJ4ypNoO/
Curug Pulosari Photo Via https://www.instagram.com/p/BBweJ4ypNoO/

Deskripsi

Air terjun pulosari merupakan air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Pancuran di air terjun pulosari terbilang kecil. Namun karena lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan yang dikenal kering membuat pemandangan di sekitar air terjun menjadi sangat eksotis dan patut untuk kamu abadikan.

Lokasi

Air Terjun Pulosari photo via https://www.instagram.com/p/BB-PlSOIKwF/
Air Terjun Pulosari photo via https://www.instagram.com/p/BB-PlSOIKwF/
  • Air terjun jurang pulosari terletak di dusun Krebet, desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan, Bantul.

Merupakan salah satu air terjun yang sedang populer di daerah bantul. Selain lokasi air terjun ini tidak jauh dari kota jogja. Air terjun ini memiliki kolam alami yang berwarna hijau sehingga wisatawan bisa bermain air disini. Dari penamaan yang diberikan sudah bisa diketahui bahwa air terjun ini terletak dibawah jurang. Tapi tidak perlu khawatir, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan jalan setapak untuk dilewati wisatawan dengan mudah ke lokasi air terjun.

Akses dan Kondisi Jalan Air Terjun Pulosasiri

Akses jalan menuju ke air terjun cukup baik dan sudah berasapal, namun ada sebagian jalannya rusak dan berlumpur. keadaan geografis menuju air terjun juga cukup curam dan terjal. Air terjun pulosari dapat ditempuh dengan mudah menggunkan sepada motor. Untuk kamu yang menggunakan mobil harus extra hati-hati. Sedangkan untuk bus, tidak bisa sampai ke area wisata, karena jalan menuju lokasi cukup sulit untuk dilalui kendaraan besar.

Lokasi air terjun pulosari berada di lembah yang cukup dalam dan di kelilingi oleh bukit batu dan tanah yang tandus. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus berjalan kaki dari tempat memarikirkan kendaraan sejauh sekitar 100 meter. Menuruni jalan bebatuan yang licin dan terjal di tepian sungai. Namun jangan khawatir jika kamu merasa lelah. Di sepanjang jalan sudah disiapkan rumah-rumahan kecil oleh pihak pengelolah, yang bisa dijadikan tempat singgah dan istirahat bagi wisatawan.

Selain Menikmati Pesona Air Terjun, disini Kamu Juga Bisa Melakukan Aktivitas Climbing dan Ripling

Dikawasan wisata ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan fisik yang menantang adrenalin. Diantaranya panjat tebing (climbing) dan turun tebing (ripling). Untuk aktivitas ini biasanya berada di sebelah barat air terjun, tepatnya berada di daerah perbukitan. Karena kawasan wisata ini dekat dengan perkampungan penduduk, maka banyak penduduk sekitar yang akan membantu kamu mengarahkan bagimana keadaan tempat wisata. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika nantinya tersesat di kawasan wisata ini :D.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pulosari Bantul

Masuk kel lokasi air terjun pulosari masih gratis. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di halaman rumah penduduk dengan tarif Rp. 2000

Fasilitas yang disediakan

Tersedia gazebo, tempat duduk dan warung-warung yang dikelola sendiri oleh penduduk setempat.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Pulosari

Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sebaiknya datang ke tempat wisata ini saat musim penghujan. Karena saat itulah air mengalir di air terjun ini cukup deras. Karena saat itulah air terjun terlihat maksimal dan sangat menarik untuk kamu abadikan menggunakan kamera. Namun kamu perlu berhati-hati karena jalan menuju wisata ini saat musim penghujan sangat licin. Gunakan sepatu yang memiliki daya cengkraman tinggi agar tidak terpeleset. Membawa topi, dan juga baju ganti agar kamu bisa berenang di kolam air terjun pulosari bantul.

5/5 (1)

Tolong Dong Beri Bintang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *