Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu candi yang wajib anda kunjungi ketika sedang wisata di Jogja. Hal ini disebabkan karena candi Borobudur ini merupakan salah satu ikon penting dari Jogja dan juga Indonesia. Untuk menambah rasa ingin tahu anda tentang keindahan dari candi Borobudur ini, berikut ini adalah ulasan mengenai candi peninggalan Budha ini.

Candi Borobudur Magelang
  • Save

Informasi Umum Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu candi yang sangat populer di Indonesia atau bahkan dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya turis internasional yang datang ke candi Borobudur ini untuk melihat keindahannya.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, candi Borobudur adalah sebuah candi peninggalan Budha. Namun candi ini bukan sembarang candi. Candi ini adalah sebuah candi Budha yang terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan candi Borobudur ini juga dikenal sebagai monumen Budha terbesar yang ada di dunia. Tidak salah bukan jika candi ini sampai di lindungi oleh UNESCO sebagai warisan budaya?

Baca Juga: Selain Pantai, Ini 7 Tempat Sunset di Jogja yang Tak Kalah Memukau!

Selain merupakan sebuah monumen yang paling besar, candi ini juga menyimpan banyak keunikan dan juga misteri. Hal linilah yang menyebabkan candi yang lokasinya di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini menjadi salah satu candi yang paling populer saat ini.

Sejarah Candi Borobudur

Hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengenai sejarah dari candi Borobudur ini. Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada zaman 800 Masehi. Pada saat itu pemerintahan masih ada pada Wangsa Sailendra sehingga candi ini memiliki nuansa Budha. Nuansa Budha yang dimiliki sangat mudah dilihat dari patung-patung Budha yang ada di sepanjang candi dan juga relief yang ada di dindingnya.

Meski dibangun pada masa zaman yang sangat kuno tapi candi ini sempat hilang pada abad ke 14. Penyebab dari hilangnya candi ini ada 2 hal yaitu konversi agama dari masyarakat sekitar dan juga karena adanya letusan gunung berapi. Hal ini merupakan 2 hal utama yang benar-benar memusnahkan keberadaan candi Borobudur ini dari muka bumi.

Pada masa pemerintahan Inggris di Indonesia. Candi ini kemudian ditemukan lagi. Penemuan candi ini tempatnya terjadi pada abad ke 18 oleh salah satu pemerintah Inggris yaitu Sir Thomas Stamford Raffles yang pada masa itu menjadi pemerintah di Jawa. Dengan penemuan ini Sir Thomas kemudian membuat sebuah buku. Buku tersebut digunakan untuk menjelaskan penemuan dari candi Borobudur ke dunia.

Baca Juga: Tips dan Cara Mendapatkan Foto Bagus di Tempat Sunset Yogyakarta

Penemuan candi Borobudur ini dan publikasinya di dunia menyebabkan candi ini menjadi salah satu pusat pembelajaran dari para arkeolog dunia, meski sudah banyak yang datang ke sini tapi tidak banyak yang berhasil mengungkap sejarah yang dimiliki oleh candi Borobudur ini. Candi Borobudur ini secara resmi di pugar pada tahun 1975 hingga 1982 dan setelah itu menjadi salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO

Candi Borobudur saat ini

Saat ini candi ini merupakan sebuah candi yang sangat populer dengan keindahannya. Hal ini menyebabkan candi ini menjadi salah satu tempat liburan atau wisata untuk banyak orang di seluruh dunia. Meski digunakan sebagai tempat wisata, tapi fungsi dari candi Borobudur sebagai tempat ibadah juga tidak luntur. Mengingat masih ada cukup banyak penganut agama Budha di Indonesia. Tempat ini sering kali digunakan sebagai salah satu tempat untuk tempat ziarah agama dan juga merupakan tempat yang digunakan untuk memperingati Trisuci Waisak Keunikan candi Borobudur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, candi Borobudur adalah candi yang memiliki banyak keunikan dan juga misteri. Berikut ini adalah beberapa keunikan dan misteri yang dimiliki oleh candi Borobudur ini.

Nama Candi Borobudur

Sebagian besar candi yang ada di Indonesia tidak diketahui nama aslinya. Akan tetapi nama candi Borobudur ini sudah diperkirakan oleh salah satu ilmuwan bernama Casparis. Menurut beliau, nama asli dari candi Borobudur ini adalah Bh?mi Sambh?ra Bhudh?ra. Nama ini diambil dari bahasa Sanskerta dan memiliki arti berupa bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattva. Perkiraan nama asli dari candi ini di ungkapkan setelah ditemukannya prasasti Karangtengah dan juga prasasti Tri Tepusan.

Lokasi Candi Borobudur

Hal kedua yang menarik dari candi Borobudur adalah mengenai lokasi dari candi Borobudur ini. Salah satu keunikan lokasi dari candi Borobudur ini adalah karena ia dibangun pada tanah yang dulunya merupakan sebuah danau purba. Selain itu, lokasi dari candi Borobudur ini juga sejajar dengan 2 candi lainnya yaitu Candi Pawon dan juga Candi Mendut. Kesejajaran 3 candi yang membentuk garis lurus ini menyebabkan 3 candi ini disebut dengan candi 3 Serangkai

Keistimewaan Candi Borobudur

Keistimewaan lain dari candi Borobudur ini ada pada bangunannya sendiri. Bangunan candi dikatakan istimewa karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya diperkirakan memiliki bobot ratusan kilogram dan diambil bukan dari tanah sekitarnya. Hal ini membuat banyak orang berpikir mengenai cara pemindahan dari batu-batu yang digunakan dalam pembangunan candi Borobudur ini.

Relief Candi Borobudur

Relief dari candi Borobudur memiliki gaya yang elegan dan sangat halus. Selain itu relief menceritakan perjalanan kehidupan manusia dari yang paling buruk hingga mencapai status Budha. Karena relief paling bawah memiliki penampilan yang kurang pas untuk di saksikan masyarakat, relief ini ditimbun.

Demikianlah informasi mengenai Candi Borobudur yang terletak di kota Magelang, semoga saja informasi ini berguna buat anda yang ingin berwisata ke Candi Borobudur. Dan jangan lupa jika anda ingin menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi anda, silahkan mampir sejenak ke sewa motor jogja yang menawarkan harga yang pantas dan beragam sepeda motor dari berbagai merek terbaru saat ini.

5/5 (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *