Hutan Pinus Imogiri, Wisata Alam Asri di Jogja

Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri adalah salah satu wisata alam asri di jogja, terkenal dengan keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting dan juga sering digunankan untuk tempat foto prewedding. Di hutan pinus imogiri ini , kegiatan yang bisa kita lakukan selain berfoto ria kita juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Hutan pinus imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila kita berkunjung pada pagi hari. Kita bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah. Hutan pinus ini terletak di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Sebelum menjadi tempat hits para wisatawan, lokasi ini sebelumnya merupakan tanah tandus yang dilakukan penghijauan kembali atau reboisasi. Tidak hanya pohon jenis pinus saja, pohon jenis lainya juga ada seperti kemiri, kayu putih, mahoni hingga akasia. Pohon-pohon tersebut ditanam di lahan seluas 500 ha. Saat ini fungsi hutan di kawasan mangunan ini tidak hanya sebagai hutan lindung tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Lokasi

Lokasi Hutan pinus Imogiri ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Lokasinya juga tidak seberapa jauh dariĀ Kebun Buah Mangunan Imogori, salah satu Kebun Buah yang Populer di Jogja.

Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri

Dari jogja kalau kita melewati ring road selatan dari arah gampingĀ  kita mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis, menuju ke kecamatan Dlingo. Kita cari papan petunjuk jalan kebun buah mangunan untuk kita jadikan patokan yang mudah ke hutan pinus. Kalau sudah menemukan papan tulisan kebun buah imogiri kita tetap lurus mengikuti jalan yang beraspal halus, tetapi kita harus pelan pelan dan cermat karena tidak ada petunjuk tulisan untuk mengarah ke hutan pinus ini. Dari kebun buah mangunan hanya lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan aspal lalu di pertigaan kita masih lurus lagi. Kalau jalan yang kita ambil benar kita akan menemukan jalan yang menanjak dan dikanan kiri banyak pohon seperti yang ada digambar.

Harga Tiket

Tidak ada jam buka, tetapi parkiran mulai ramai sejak pagi hari hingga menjelang senja. Harga masuk hutan pinus pun gratis karena memang belum ada loket masuknya. Kita hanya dikenai biaya parkir kendaraan
Parkir sepeda motor: Rp.3.000,-
Parkir roda empat: Rp.10.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp