Baru ke Jogja? Inilah Empat Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi!

Lokasinya yang tidak terlampau jauh, menjadikan Yogyakarta salah satu destinasi liburan favorit. Apalagi, di hari libur sekolah atau justru akhir tahun. Adapun kepopuleran Yogyakarta dapat terlihat dari banyaknya julukan: seperti Kota Gudeg, Kota Budaya, Kota Pelajar, hingga “Kota Kenangan”. Tidak heran, jika kini–banyak orang berbondong-bondong untuk menyaksikan sendiri daya tarik Yogja, entah itu wisatawan domestik maupun mancanegara.
Selain terkenal dengan suasananya yang “ramah”, ada beragam tempat menarik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Tergolong punya destinasi yang “lengkap” (budaya, kuliner, sejarah, gunung, pantai, dsb), inilah empat tempat wisata wajib dikunjungi di Yogyakarta.

1. Malioboro

detinasi wisata jogja, jl.malioboro
  • Save

detinasi wisata jogja, jl.malioboro

Entah untuk membeli oleh-oleh atau justru sekadar berjalan-jalan santai, jangan lupakan Jalan Malioboro, ya!!!. Kendati ramai di musim liburan, Jalan Malioboro adalah salah satu destinasi yang tepat, bagi Anda si penggemar jalan kaki. Selain menemukan beragam toko dan kios oleh-oleh, di sana Anda juga dapat mencoba aneka kuliner yang memanja lapis lidah!.

benteng vredeburg jogja
  • Save

benteng vredeburg jogja

Tepat di sisi Jalan Malioboro, ada pula Benteng Vredeburg yang khas dengan cat putihnya. Di Inilah saksi beragam perstiwa di masa lalu. Oh ya, jangan lewatkan “atraksi” Malioboro di malam hari. Aksi pengamen jalanan akan menambah “syahdu” rekreasi Anda di “Kota Kenangan” ini.

2. Keraton Yogyakarta

tempat wisata keraton yogyakarta
  • Save

keraton yogyakarta

Tidak jauh dari Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta menjadi satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Bukan tanpa sebab. Pasalnya, inilah identitas Yogyakarta. Di sana, Anda dapat mengunjungi museum dan pendopo–lalu merasakan sekaligus belajar tentang kebudayaan Jawa.

3. Candi Prambanan dan Borobudur

Tempat wisata di jogja, candi Prambanan
  • Save

Tempat wisata di jogja, candi Prambanan

Pernahkah Anda mendengar cerita Roro Jonggrang?
Berdasarkan legenda setempat, cerita itulah yang lantas disebut-sebut sebagai “asal usul” terjadinya Candi Prambanan. Terlepas dari seluruh mitos yang berlaku, harus diketahui bahwa Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, lho! Saking besarnya, maka kerap disebut juga dengan “Candi Sewu”–atau “Candi Seribu”.

4. Wisata Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi Jogja, Lava Tour
  • Save

Wisata Gunung Merapi Jogja, Lava Tour

Tidak perlu trekking atau bahkan kamping untuk menikmati indahnya Gunung Merapi. Sebaliknya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, misalnya menaiki mobil 4WD atau justru sekadar duduk santai dan “berpiknik” di Kawasan Kaliurang.

Itulah empat rekomendasi tempat wisata wajib dikunjungi di Yogyakarta. Jadi, mana pilihan Anda?

5/5 (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *