Keunikan Wedi Ombo, Pantai Yang Wajib Kamu Kunjungi

Wedi ombo, berasal dari bahasa jawa yang berarti wedi : pasir dan ombo : luas, dan bila diartikan dalam bahasa indonesia menjadi pantai yang luas pasirnya. Mungkin bagi kamu yang belum mengunjungi pantai ini akan membayangkan sebuah pantai dengan pasir putih yang membentang luas. Namun sayangnya, pantai wedi ombo tidak memiliki pasir yang luas, seluas namanya.

Masih kalah luas dengan dengan gumuk pasri Parang Tritis dan pantai Glagah Kulon Progo. Masyarakat setempat memang mengungkapkan bahwa nama pantai yang diberikan oleh nenek moyangnya tidak sesuai dengan keadaannya aslinya. Ada juga yang mengatakan pantai ini, lebih cocok menyandang nama teluk ombo. Karena memang keadaan pantai disini menyerupai teluk yang lebar.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, meskipun hamparan pasir di pantai wedi ombo tidak seluas yang kamu banyangkan. Pantai wedi ombo mempunyai keunikan dan spot wisata khusus sendiri dan yang pasti akan membuatmu terpesona. Berikut kami sajikan keunikan wisata dari pantai wedi ombo.

Sensasi berenang di kolam renang alami, yang pastinya lebih eksotik dari kolam renang buatan.

Kolam Renang Alami Wedi Ombo via https://www.instagram.com/p/-XxnXnODNn/
Kolam Renang Alami Wedi Ombo via https://www.instagram.com/p/-XxnXnODNn/

Kolam renang alami ini terbentuk dari cekungan yang dikelilingi batu karang. Pada waktu air surut, kamu bebas berenang di kolam renang alami ini. Disini kamu juga bisa menyaksikan ikan-ikan kecil hilir mudik berenang yang terbawa air laut pada waktu air pasang. Ketika berada di posisi batu karang terdepan, kamu bisa merasakan sensasi guyuran ombak dan melihat buih-buih yang saling berkejaran dari balik batu karang. Sensasi ini tidak kalah seru dengan permainan waterboom, hanya yang ini lebih alami.

Belum pernah berselancar tapi ingin menjajal aktivitas yang satu ini, yang pasti bisa banget.

Surfing di Wediombo Photo via https://www.instagram.com/p/BKuGW_NjAr_/
Surfing di Wediombo Photo via https://www.instagram.com/p/BKuGW_NjAr_/

Wediombo Surfing Society (WOSS) selalu standby di lokasi. Di WOSS ini kamu bisa mendapat pelatihan singkat berselancar dengan harga yang relatif murah. Selama sekitar 1,5 jam kamu akan mendapatkan pengajaran tentang teori dasar dan praktik berselancar. Tarif yang ditawarkan juga sudah termasuk sewa surfboard (papan selancar), jasa pemandu, dan foto. Di pantai wediombo ini biasanya ramai didatangi oleh para peselancar dari berbagai daerah demi menaklukkan ombak demi ombak yang datang.

Menikmati panorama sunset di wediombo, bikin liburan kamu kesini makin lengkap.

Sunset Wediombo via https://www.instagram.com/p/-ENsTaMdK0/
Sunset Wediombo via https://www.instagram.com/p/-ENsTaMdK0/

Bisa dibilang pantai wediombo memiliki panorama sunset yang paling bagus jika dibandingkan dengan pantai-pantai gunung kidul yang lain. Hal ini dikarenakan posisi pantai yang hampir menghadap ke barat sempurna sehingga matahari tenggelam di horizon. Disini juga terdapat sebuah tebing yang menjorok, sehingga membuat pesona sunset di wediombo semakin indah. Waktu terbaik untuk menikmati panorama sunset di pantai wediombo adalah pada bulan november – mei. Karena saat itu matahari lebih condong ke selatan, sehingga kamu bisa melihat matahari tenggelam di laut.

Lokasi dan akses ke pantai wediombo

Pantai wediombo beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Koordinat lokasi – GPS: S8°11’4″ E110°42’28” .

Harga Tiket Masuk :

  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 2.000: menginap Rp 4.000
  • Parkir mobil Rp 5.000: menginap Rp 10.000
  • Surfing: Rp 100.000 (surf board, pemandu, foto)
  • Sewa surfboard: Rp 50.000
  • Snorkeling: Rp 30.000 (lokasi di area pantai), Rp 80.000 (lokasi ke tengah laut dan harus naik kapal. Minimal 6 orang).
  • Sewa motor trail: Rp 100.000
  • Sewa body boot: Rp 20.000
  • Sewa payung: Rp 15.000
  • Sewa tenda kapasitas 4 orang: Rp 35.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp