Pesona Wisata Gunung Api Purba Ngelanggeran

gunung api purba Nglaggeran

gunung api purba via liburanjogja.co.id

gunung api purba via liburanjogja.co.id

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif 60-70 juta tahun lalu. Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Saat ini Gunung Nglanggeran berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.

Lokasi

Gunung ngelanggeran terletak di kawasan Baturagung bagian utara kabupaten gunung kidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desan ngelanggeran kecamatan patuk. Pendakian gunung api purba ngelanggeran hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampe 1,5 jam pendakian. Anda akan tiba di puncak barat gunung ngelanggeran, yaitu gunung gede. Sejauh mata memandang yang terlihat hamparan sawah dan ladang, jajaran batu yang yang bertumpuk dan unik, perkampungan warga.

Potensi Wisata

Selain bisa menikmati pamandangan, gunung api purba ngelanggeran juga menyediakan wisata Petualangan/Adventure seperti panjat tebing, jelajah gunung dan susur gua. Ada juga Eduwisata yaitu berkunjung ke lokasi-lokasi yang cocok sebagai sarana edukasi dalam bidang lingkungan, budaya dan seni . Perlu diketahui, Gunung api purba Nglanggeran juga menyediakan paket live in untuk siswa siswi sekolah. Atau kegiatan Community Gathering lengkap dengan nuansa pedesaan, areal outbond, kegiatan tradisi masyarakat dan lain sebagainya. Bagi masyarakat setempat, Gunung Nglanggeran,  merupakan kumpulan sejumlah gunung. Ada GunungKelir, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Blencong dan Gunung Buchu. Juga ada sejumlah tempat yang masih misteri seperti SumberAirComberan, TlogoWungu, TlogoMardhido, Talangkencono dan Pemean Gadhung.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk gunung Nglangeran sejak lebaran 2016 sebesar Rp.15.000,- untuk sore, dan Rp.20.000,- untuk malam hari. Dan harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Pengelola gunung api purba nglanggeran juga menyediakan paket wisata yang menarik jika anda berminat.
Untuk harga tiket wisata manca negara sebesar Rp. 30.000 per orang untuk siang ataupun malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp