Watu Lumbung, Kampung Wisata Edukasi di Tengah Hutan Jati

Pemandangan Dari Ketinggian Watu Lumbung photo via https://www.instagram.com/p/BGeihGoFslq/
  • Save
Pemandangan Dari Ketinggian Watu Lumbung photo via https://www.instagram.com/p/BGeihGoFslq/

Tempat wisata alam yang memberikan keindahan pemandangan sudah tak bisa dihitung jumlahnya lagi di negara kita ini. Khususnya di yogyakarta banyak sekali wisata alam baik berupa pantai, perbukitan, air terjun, kebun teh, dan lain sebagainya. Namun, tempat wisata alam yang menawarkan nilai edukasi tampaknya masih bisa dihitung jari.

Jika kamu mendambakan hal tersebut. Cobalah untuk mengunjungi kampung edukasi watu lambung, yang terletak di Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berawal dari usaha Muhammad Boy Rifai yang ingin memberdayakan masyarakat sekitar. Area hutan jati ini di sulap menjadi salah satu kawasan wisata eksotis yang menyatu dengan alam.

Di Watu Lumbung ini kamu bisa menikmati pemandangan alam parangtritis dari ketinggian
Konstruksi rumah yang terdapat di watu lambung ini terbuat dari bambu dengan berdinding kayu. Dibangun diantara pohon-pohon jadi yang berdiri tegak. Pohon-pohon jadi yang tumbuh di tempat ini dimanfaatkan sebagai tiang penyangga konstruksi rumah. Ditampat inilah kamu bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan alam kawasan parangtritis dari ketinggian.

Nikmatnya masakan ala ndeso di Alas Kuliner Watu Lumbung

Khas Ndeso Photo Via https://www.instagram.com/p/BEfzNtSKyhY/
  • Save
Khas Ndeso Photo Via https://www.instagram.com/p/BEfzNtSKyhY/

Kesederhanaan, itulah kesan pertama saat melihat alas kuliner ini. Selain bahan makanan yang diperoleh dari kebun sekitar, tempat makannya pun menggunakan piring kaleng. Berbagai menu yang bisa kamu santap di sini antar lain sayur lodeh, bobor, oseng-oseng kacang panjang, tempe goreng, telur dadar, sambel bawang, tempe, dan sebagainya. Harga menu yang ditawarkan di alas kuliner ini juga benar-benar murah, paling mahal Rp. 15.000. Untuk menu minum, kamu bisa memesan wedang jahe hangat yang sangat cocok untuk udara sejuk.

Kedai Wedangan, kedai yang bakal bikin rasa peduli kamu meningkat

Kedai Wedangan Photo Via mbolang.com
  • Save
Kedai Wedangan Photo Via mbolang.com

Tempat yang sederhana, tapi dilengkapi dengan pemandangan hamparan alam jogja yang memukau. Berfasilitas cukup lengkap, ada mushola, ayunan untuk bermain anak-anak, dan tempat duduk yang semuanya terbuat dari kayu.

Sesuai dengan namanya, kedai ini menyediakan berbagai macam varian wedang. Seperti wedang serai dan wedang uwuh. Buat kamu yang pecinta kopi, tidak perlu khawatir. Selain wedang, kedai ini juga menyediakan berbagai macam kopi, seperti kopi pacitan, kopi bali, hingga kopi flores.

3 Buku Layak Baca = Satu Paket Makan dan Minum Gratis

Perpustakaan Watu Lumbung Photo via https://www.instagram.com/p/BL79NFkguoy/
  • Save
Perpustakaan Watu Lumbung Photo via https://www.instagram.com/p/BL79NFkguoy/

Ya, ini memang salah satu konsep unik yang di buah oleh mbah boy. Tukarkan 3 buku layak baca, bisa dapat satu paket makan dan minum gratis. Hal itu dilakukan Muhammad Boy Rifai karena beliu sangat mendukung kegiatan gemar membaca. Karena itu didirikan perpustakaan yang bisa diakses oleh warga setempat.

Alamat Kampung Edukasi Watu Lambung

Jalan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak jauh dari wisata pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir
Koordinat:-7.993174, 110.318354
BIaya Parkir motor Rp 2.000
Biaya Parkir mobil Rp 5.000
Buka setiap hari pada jam 10.00 – 00.00 WIB

5/5 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *