Wisata alam seru di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

"<yoastmark
Mendaki adalah hobi anak muda biasanya, spot di puncak suroloyo yang bagus memancing minat kaula muda untuk berkunjung. Puncak suroloyo bagus juga sebagai wisata keluarga, untuk mendidik dan mengenalkan pada anak dengan alam sekitar, dan memberikan pengalaman baru. Suroloyo adalah nama dari salah satu puncak bukit tertinggi di pegunungan menorah di daerah kulon progo, yang lebih dikenal dengan puncak suroloyo.

Puncak suroloyo popular dengan pemandangan alamnya yang indah, sangat khas wisata alam yang letaknya berada di ketinggian, pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian dengan suasanya nyaman.

Pemandangan Alam yang indah di Puncak SUROLOYO

Pemandangan Alam yang indah di Puncak SUROLOYO

Pemandangan indah dari Gununga Merapi, Gunung sumbing, Merapi dan Sindoro bisa dilihat dengan sangat indah

Keindahan alam yang tampak dari Puncak suroloyo sangat mengagumkan, suasananya yang masih asri, udara yang segar dan sejuk.Ketika sampai di puncak suroloyo, setelah sekian banyak anak tangga yang di lewati, tentu semua lelah bahkan tidak terasa lelah karna suasana dan pemandangan yang sangat indah, apalagi setelah sampai di puncak, serasa lelah sirna seketika ^_^.
Pemandangan alam yang begitu menakjubkan, mungkin ada yang berpikir betapa indah alam dilihat dari ketinggian, dari puncak suroloyo terlihat Puncak dari gunung gunung di sekitar jogja. Jika cerah akan Nampak candi Borobudur dikejauhan, serta gunung gunung yang mengitarinya sungguh menakjubkan. Dari puncak ini wisatawan bisa melihat gunung merapi, gunung sumbing, merbabu dan sindoro semua terlihat dengan jelas dan indah sekali. Ayo intip dulu keindahan alam di puncak suroloyo dari vidio dari channel Dhave Dhanang ini.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Puncak Suroloyo

Berkunjung ke suroloyo, wisatawan harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berkunjung, sama halnya dengan tempat wisata lainnya, ada waktu tertentu untuk mendapatkan suasana wista seperti apa yang diharapkan.
Tempatnya yang berada di ketinggian, puncak suroloyo berada di ketinggian 1.019 mdpl, tentu dengan ketinggian itu, wisatawan dapat menikmati sunrise maupun sunset yang sangat indah.
Sunrise pemandangan indah di puncak Suroloyo

Sunrise pemandangan indah di puncak Suroloyo

Wisatawan dapat memilih waktu di pagi hari jika ingi melihat sunrise, sebisa mungkin berangkat sehabis subuh ya…, karna selain sunset biasanya akan terlihat awan awan disekitar puncak gunung yang memberikan nilai lebih.
Atau jika tidak bisa berkunjung di pagi hari, sore hari adalah pilihan alternative, selain suasananya yang sejuk, wisatawan bisa melihat sunset yang indah dari ketinggian
Sunset di Puncak Suroloyo

Sunset di Puncak Suroloyo

Selain itu jangan lupa untuk memperhitungkan waktu kunjungan, seperti week end atau libur panjang karna mungkin akan tidak nyaman jika pengunjung terlalu banyak, bisa jadi suasana yang nyaman di puncak suroloyo tidak bisa di dapatkan. Mungkin anda bisa juga mimilih berkunjung di tanggal 1 muharram, karena setiap tanggal satu bulan sura (1 muharram), di adakan acara jamasan, yang pasti pengunjung akan lebih dari 5.000 orang memadati kawasan ini. Mereka datang untuk menyaksikan arak-arakan upacara “jamasan” (memandikan)  pusaka tombak kyai Manggolo Murti dan Song Song kyai Manggolo Dewo di sendang kawidoderan yang terletak sekitar 300 meter selatan puncak suroloyo. Kedua pusaka keraton jogja itu dititipkan kepada sesepuh dusun keceme, Mbah manten wadi wiharjo, semasa pemerintahan sultan Hamengku Bawono IX.

Sejarah Puncak Suroloyo via wikipedia

Puncak Suroloyo bermula dari seorang pujangga bernama Ngabehi Yasadipura dari Keraton Surakarta yang dalam kitabnya berjudul Cabolek. Ia mengisahkan bahwa Raden Mas Rangsang, Putra Mahkota Kerajaan Mataram Islam, pernah menerima wangsit untuk menjadi penguasa tanah Jawa. Raden Mas Rangsang harus berjalan kaki dari keraton di wilayah Kotagede menuju ke arah barat. Setelah menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 40 kilometer di wilayah Pegunungan Menoreh, ia jatuh pingsan karena kelelahan. Dalam pingsannya, Raden Mas Rangsang mendapat wangsit yang kedua. Wangsit tersebut memerintahkan agar Raden Mas Rangsang, yang ketika besar bergelar Sultan Agung Hanyakrakusuma, untuk melakukan tapa kesatrian di tempat itu. Tempat itulah yang sekarang disebut dengan Puncak Suroloyo

Lokasi Puncak Suroloyo

Puncak suroloyo terletak di pegunungan menoreh yang masuk dalam lingkup kabupaten kulon progo, tepatnya Puncak suroloyo berada di dusun keceme, desa gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ayoo segera berkunjung kesini, gak akan rugi lho, tak perlu khawatir, tersedia fasilitas yang cukup untuk para wisatawan warung – warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ala kadarnya. Kalo kamu melewati daearah Nanggulan, kamu bisa temukan menemukan warung sate yang sangat terkenal dan konon tempat tersebut langganan Bupati Kulonprogo untuk menjamu tamu-tamunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp