Persyaratan yang Diajukan oleh Penyewaan Motor di Jogja

Penyewaan motor di Jogja merupakan jasa yang akan di buru oleh orang-orang yang merantau di Jogja dan membutuhkan sepeda motor. Namun tidak hanya orang merantau saja, warga asli Jogja juga dapat menyewa motor bagi yang tak memiliki cukup uang untuk membeli motor. Dengan adanya penyewaan motor di jogja maka akan memudahkan bagi semua kalangan yang ingin berpergian dengan jarak yang jauh dengan menggunakan motor walaupun bukan motor pribadi. Akan tetapi untuk dapat menyewa motor dibutuhkan persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak jasa penyewaan motor sebagai tanda atau jaminan dalam menyewa motor.

Syarat yang Wajib Diberikan sebagai Jaminan

Pada dasarnya menyewa motor dari jasa rental motor jogja cukup mudah, hanya memerlukan atau memberikan hal-hal yang menjadi syarat untuk dapat menyewa motor dalam hitungan jam maupun hari. Berikut beberapa syarat yang wajib di berikan ke pada pihak penyedia jasa, antara lain :

  • E-KTP

E-KTP merupakan jaminan yang sering diminta oleh pihak penyedia jasa penyewaan motor di Jogja.

  • NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak dapat digunakan sebagai kartu identitas untuk menyewa motor.

  • Kartu Pegawai

Kartu pegawai juga dapat di gunakan untuk menyewa motor di Jogja sebagai jaminan

  • KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Bagi seorang mahasiswa biasanya akan diminta untuk meninggalkan kartu tanda mahasiswa sebagai jaminan.

Selain kartu identitas di atas, dapat juga memberikan tanda pengenal lain sebagai syarat, antara lain :

  • Kartu BPJS
  • KK (Kartu Keluarga)

Akan tetapi dua tanda pengenal di atas jarang atau bahkan digunakan jika memang semua syarat di atas seperti E-KTP, NPWP, Kartu Pegawai dan KTM tidak memiliki. Pada dasarnya sangat jarang orang tidak memiliki E-KTP, karena hampir semua orang yang menyewa motor sudah di atas 17 tahun.

Dari semua itu tidak semuanya di berikan kepada pihak penyedia jasa, biasanya hanya mengumpulkan salah satu atau 2-3 dari tanda pengenal diatas sebagai jaminan. Namun perlu dicatat bahwa yang menjadi jaminan adalah kartu tanda pengenal aktif dan masih berlaku bukan tanda pengenal hasil fotokopi. Selain itu tanda pengenal harus merupakan tanda pengenal pribadi, dengan artian bukan miliki teman ataupun keluarga lain. Tanda pengenal yang diberikan adalah tanda pengenal yang menyewa.

Beberapa pihak penyedia jasa sewa motor jogja juga akan meminta foto calon penyewa sebagai bagian untuk jaminan agar mudah dicari jika seorang penyewa terlambat mengembalikan atau bahkan membawa kabur motor tersebut. Selain itu juga sebagai jaminan untuk berjaga-jaga jika seorang penyewa mengalami kecelakaan sehingga mudah di ketahui identitasnya.

Kartu tanda pengenal yang diberikan saat menyewa motor akan di kembalikan setelah seorang penyewa mengembalikan motor dan juga segala kelengkapan sebagai fasilitas yang diberikan. Hal ini dilakukan sebagai syarat dan aturan dari penyewaan motor di Jogja.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Silahkan anda baca Persyaratan yang Diajukan oleh Penyewaan Motor di Jogja agar anda bisa tahu syarat apa saja yang perlu anda persiapkan
Author Rating
51star1star1star1star1star