6 Lokasi Wisata Belanja Khas Jogja

Kami sebagai admin dari situs sewa motor jogja akan memberikan info tentang 6 Lokasi Wisata Belanja Khas Jogja memang patut anda baca, jikalau anda sedang berwisata di kota Jogja sebagai panduan bila anda ingin berbelanja barang-barang kerajinan tangan khas kota Jogja. Keindahan dan keramahan Jogja masih melekat kuat seiring gejolak pembangunan yang menyertainya. Jumlah wisatawan tak pernah surut dan bahkan semakin bertambah. Nah, paling asyik memang wisata belanja jogja yang benar-benar memancarkan khas wilayah ini. Sebuah ciri khas yang uniknya tersusun dari berbagai karakter tradisi dari sepanjang wilayah Jogjakarta.

  1. Pusat Belanja Fashion Kulit Asli di Manding
  2. Berbagai produk fashion dari bahan kulit asli terkenal sangat mahal. Belum lagi kalau kita bandingkan kualitasnya yang kadang begitu mengecewakan. Dan lebih mengecewakan karena rata-rata produknya sama atau mirip sehingga seolah konsumen tak punya pilihan beragam. Tapi beda ceritanya kalau kita kunjungi dan telusuri langsung pusat proses produksi berbagai produk fashion kulit asli yang ada di Jogja ini. Tepatnya di Jalan Parangtritis KM 11, Bantul. Anda bakal puas dan mungkin saja tak akan pernah merasa cukup waktu untuk berkeliling ke kawasan ini. Pasalnya, Manding memang sudah dari dulu dikenal sebagai desa wisata yang punya produk khusus beragam bentuk kerajinan dari kulit asli. Urusan harga jelas berselisih jauh dengan produk-produk dari bahan yang sama dan kerap Anda jumpai di pusat perbelanjaan modern. Bahkan di sini pula Anda berkesempatan melakukan proses tawar menawar sampai mencapai harga yang sama-sama disepakati bersama penjual. Silakan kunjungi desa wisata ini dan pilih sesuai selera mulai dari pernak-pernik kecil hingga jaket, tas, dompet, dan sebagainya.

  3. Sentra Kerajinan Gerabah dan Keramik di Kasongan
  4. Kerajinan gerabah atau keramik pun jamak dipahami sebagai produk yang luar biasa mahalnya. Nah, jangan pusing-pusing memikirkan itu apalagi jika kebetulan sedang melakukan perjalanan wisata ke Jogja. Mampir saja ke sentra kerajinan gerabah dan keramik di Kasongan. Tepatnya berlokasi di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Berbagai produk kerajinan gerabah dan keramik akan Anda jumpai di sepanjang kawasan desa ini. Misalnya saja perabotan rumah, dapur, aksesoris, patung, dan sebagainya. Istimewanya lagi adalah kesempatan menyaksikan langsung proses pembuatan semua produk kerajinan gerabah dan keramik itu.

  5. Sentra Batik Kayu di Krebet
  6. Aktivitas membatik sebagaimana kebanyakan orang memahaminya dilakukan di atas kain. Namun di desa ini yang akan Anda saksikan adalah hal yang lain dari biasanya. Ya, membatik di atas kayu. Hasilnya adalah perwujudan karya seni luar biasa indahnya dengan kualitas yang sebanding dengan batik kain terbaik yang pernah Anda kenal. Penggunaan media kayu untuk batik ini hanya bisa Anda jumpai di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Seperti apakah wujud dari batik di atas kayu itu? Yang akan Anda jumpai merupakan hasil eksplorasi kreativitas yang mempertahankan konsep tradisi batik tradisional namun diterapkan pada berbagai bentuk berbahan utama kayu semisal cermin, kotak perhiasan, topeng, dan sebagainya. Kabarnya, beragam produk batik kayu ini sudah dikenal pasar mancanegara pula.

  7. Sentra Kerajinan Keris di Banyusumurup
  8. Keris bukan semata senjata tradisional namun sebuah simbol filosifis yang sangat mendalam dan sampai hari ini diwariskan turun temurun oleh masyarakat Jawa termasuk di Jogjakarta. Anda yang penasaran dengan keris dan bagaimana proses pembuatannya langsung bisa berkunjung ke Banyusumurup di Bantul. Bagi Anda yang gemar mengoleksi beragam jenis keris memang tak elok jika melewatkan perjalanan ke kawasan ini. Sentra kerajinan keris ini pun menjadi salah satu tujuan wisata belanja tradisonal khas Jogjakarta.

  9. Pusat Kerajinan Perak di Kotagede
  10. Siapa saja yang berkunjung ke Jogjakarta akan terasa kurang kalau tak mengenal atau setidaknya berkunjung ke Kotagede. Selain dikenal sebagai wilayah cikal bakal Kraton Jogjakarta, Kotagede menyimpan pesona khas yang hanya bisa dipahami kalau menginjakkan kaki di sana. Satu identitas khas dari wilayah ini adalah sepanjang jalanan yang nyaris dipenuhi oleh toko-toko kerajinan perak. Mulai dari harga yang paling murah sampai yang tinggi dengan kualitas yang sebanding, toko-toko tersebut menawarkan produk kerajinan perak yang Anda dambakan. Bisa juga kalau mau melakukan pesanan desain khusus. Para pengunjung pun dipersilakan untuk menyaksikan langsung proses pembuatan berbagai produk kerajinan perak di Kotagede. Pusat kerajinan perak di Kotagede ini juga menawarkan suasana Jogja asli yang masih sangat kental. Lorong-lorong yang saling berhimpitan dan kesibukan yang saling membaur dan bermuara di pasar dan titik-titik lainnya. Sempatkanlah ketika berbelanja perak dengan menikmati pengalaman berjalan-jalan di Kotagede.

  11. Pasar Seni Gabusan
  12. Ada sebuah lokasi khusus yang sekaligus mewarnai keberagaman tradisi di Jogjakarta yaitu Pasar Seni Gabusan. Lokasi ini menjadi semacam titik temu yang mewadahi berbagai produk tradisi yang sudah dijelaskan di atas. Artinya, kalau Anda tak punya banyak waktu untuk menelusuri satu demi satu lokasi yang telah disebutkan tadi, silakan saja berkunjung ke Pasar Seni Gabusan. Lahan seluas kira-kira 4 hektar ini menyediakan beragam produk kerajinan yang menjadi ciri khas dan membangun identitas keistimewaan Jogjakarta. Anda juga tak akan kebingungan karena masing-masing ruko atau bangunan sudah dikategorisasikan berdasarkan jenis produk yang ditawarkan. Sehingga Anda bisa memilih produk batik, perak, kayu, bambu, keris, dan sebagainya di Pasar Seni Gabusan ini.

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *