6 Goa di Yogyakarta yang Punya Pesona Eksotis. Jangan Sampai Anda Lewatkan!

Berbicara soal Jogja, ada banyak hal yang membuat wilayah ini istimewa. Selain sejarah, budaya, dan kulinernya, daerah ini pun terkenal akan keindahan alamnya; pantai, gunung, bukit,sungai, air terjun, sampai goa, semuanya komplit dan siap membuat liburan Anda di sana semakin seru. Nah, berbicara soal goa di Jogja, berikut ini Anda bisa temukan daftar rekomendasi wisata goa yang dapat Anda kunjungi dan jelajahi. Apa saja, ya? Simak ulasannya berikut ini!

Tempat Wisata Goa di Yogyakarta

Goa Pindul

Goa Pindul Yogyakarta
  • Save

Nama goa yang satu ini bisa dibilang adalah nama goa yang sudah tak lagi asing, termasuk untuk para wisatawan sekalipun. Bahkan, bisa dibilang Goa Pindul saat ini sudah menjadi wisata goa di Jogja yang terpopuler.

Lokasinya berada di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, atau kira-kira 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Untuk mencapai lokasinya, Anda tak perlu khawatir tersesat karena Goa Pindul sangat mudah ditemukan.

Setibanya di sini, Anda bisa lakukan berbagai aktivitas seru seperti cave tubing, alias wisata air sambil menyusuri goa sambil menaiki ban besar. Jangan khawatir soal keselamatan, karena perjalanan Anda akan didampingi oleh pemandu profesional. Selain itu, Anda pun diharuskan mengenakan helm dan jaket pelampung sebagai alat keselamatan.

Baca Juga: Gamplong Studio Alam, Destinasi Hits Sebagai Lokasi Syuting Pembuatan Film di Jogja

Selain itu, ada juga river tubing di mana Anda bisa menyusuri Sungai Oyo yang mengaliri kawasan Goa Pindul ini dan menikmati keindahan alam yang ada. Atau, Anda juga bisa menjajal rasanya terjun dari tebing setinggi 10 m langsung ke dalam sungai yang menyegarkan maupun mengikuti road off desa wisata yang tak kalah mendebarkan.

Goa Jomblang

Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta
  • Save

Goa Jomblang juga berlokasi di kawasan Gunung Kidul dan memiliki keunikan tersendiri yang dengan segera membuatnya menjadi salah satu wisata goa di Jogja paling disukai oleh para turis. Sebagai goa vertikal, tentu pengunjung harus memasukinya dengan cara yang berbeda, yaitu dari atas. Karena itulah keseruan Goa Jomblang dapat langsung Anda rasakan sejak memasukinya.

Untuk memasuki Goa Jomblang, Anda harus meluncur dari atas dengan alat khusus, mirip seperti yang digunakan untuk flying fox. Nah, salah satu keunikannya adalah bahwa pengoperasian alat ini dilakukan 100% manual dengan bantuan tenaga warga sekitar yang akan menarik dan mengulur talinya dengan aman.

Begitu Anda sampai di dasar gua, Anda bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan yang super Instagramable. Di sini, Anda dapat melihat bagaimana sinar matahari yang masuk dari atas akan menerangi gua. Saking indahnya pemandangan ini, nama Cahaya Surga pun disematkan.

Kalau Anda ingin menyaksikan keindahan pemandangan tersebut, Anda harus berangkat pagi-pagi sekali karena momen tersebut hanya dalam dinikmati dari jam 10 pagi sampai jam 1 siang. Idealnya, berangkat dari jam 6 pagi jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Jogja, ya!

Goa Cerme

Goa Cerme Bantul Yogyakarta
  • Save

Untuk goa yang satu ini, lokasinya berada di Kabupaten Bantul dan bisa dicapai selama kira-kira 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Jogja. Lokasinya sangat mudah ditemukan, mengingat bahwa Goa Cerme sudah jauh lebih lama menjadi lokasi wisata goa di Jogja populer di daerah ini.

Begitu Anda tiba disini, Anda bisa temukan air terjun di dalam goa yang kedalamannya mencapai 1,5 km. Akan tetapi, untuk mencapai mulut goa sendiri, Anda juga harus sedikit bekerja keras karena ada 759 anak tangga yang perlu Anda lewati. Selain itu, jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak di dalam air, karena lantai Goa Cerme digenangi air sungai yang kedalamannya mencapai 1 sampai 1,5 m.

Goa Selarong

Goa Selarong Jogja
  • Save

Sama seperti Goa Cerme, Goa Selarong juga berlokasi di Kabupaten Bantul. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menempuh medan menanjak yang cukup menantang, apalagi jika Anda ingin menjajal bersepeda sampai sini. Untuk daerahnya sendiri, Goa Selarong dikelilingi deretan perbukitan kapur dengan jajaran pepohonan yang rimbun.

Kalau Anda harus naik ratusan anak tangga untuk mencapai mulut Goa Cerme, lain halnya dengan Goa Selarong –ada 200 anak tangga yang harus Anda turuni agar Anda bisa sampai di gerbang goa. Setibanya di bawah pun Anda akan menemukan dua gua, yaitu goa putri dan goa kakung.

Hanya saja, karena Goa Selarong hanya sedalam 3 m, Anda tidak bisa menelusuri dalamnya. Meski begitu, berkunjung ke daerah ini tetap menawarkan keseruan yang istimewa karena nuansa sekitarnya yang sejuk dan asri pasti akan membuat pikiran dan tubuh Anda kembali segar.

Goa Jepang

Goa Jepang Yogyakarta
  • Save

Sekarang, Anda akan diajak mengunjungi wilayah utara Jogja, yaitu Kabupaten Sleman. Di sini, Anda pun bisa menemukan wisata goa, yaitu Goa Jepang. Untuk mencapainya, Anda bahkan harus melakukan aktivitas fisik yang dijamin akan membuat tubuh makin sehat dan bugar. Soalnya, Anda perlu trekking melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan di tengah bukit agar bisa mencapai kawasan Goa Jepang.

Baca Juga: Pesona Keindahan Pantai Ngrawe Gunung Kidul Yogyakarta

Setibanya lokasi salah satu wisata goa di Jogja ini, Anda bisa temukan 25 goa. Meski begitu, seluruh goa tersebut saling terhubung di dalamnya, walaupun lokasi mulut goanya sendiri tidak saling berdekatan. Wah, Anda harus berhati-hati agar tidak tersesat dan malah keluar dari pintu goa yang berbeda dari rombongan, nih!

Goa Kalisuci

Goa Kalisuci Yogyakarta
  • Save

Berlokasi di Semanu, Gunung Kidul, Goa Kalisuci terletak di daerah yang cukup jauh dibandingkan Goa Pindul. Meski demikian, keseruan yang ditawarkan oleh lokasi wisata alam ini tak kalah menarik dan mendebarkan, lho! Sebab, Anda juga bisa menyusuri goa ini dengan cave tubing. Biasanya, satu kali perjalanan bisa memakan waktu sampai 2 jam.

Sebelum mengikuti cave tubing Goa Kalisuci, pastikan stamina Anda cukup dan kondisi tubuh Anda sedang bugar, ya! Hal ini dikarenakan karakteristik medan Goa Kalisuci, di mana Anda akan diajak melewati berbagai jeram yang pasti akan cukup menguras tenaga Anda.

Setelah cave tubing pun Anda masih harus menempuh jarak sejauh 50 sampai 60 m sambil trekking. Hmm, bukankah jaraknya sangat pendek? Nah, yang membuat trekking di sini menantang adalah kemiringan jalannya yang mencapai 45 derajat. Jadi, walaupun jaraknya cukup pendek, fisik Anda dijamin akan tetap dikuras staminanya karena kondisi medannya tersebut.

Nah, untuk Anda penggemar wisata dan berpetualang di alam, keenam goa di Jogja tersebut jelas jangan sampai lupa Anda kunjungi. Selamat berlibur di Jogja dan jika anda membutuhkan alat transportasi yang murah dan handal anda bisa langsung menuju ke Sewa Motor Jogja yang akan melayani anda dengan ramah, cepat dan bertanggungjawab.

5/5 (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *