Pesona Keindahan Pantai Ngrawe Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngrawe 4
  • Save
Pantai Ngrawe 5
  • Save
Pantai Ngrawe
  • Save
Pantai Ngrawe 2
  • Save
Pantai Ngrawe 3
  • Save

Pantai Ngrawe termasuk pantai baru yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri sehingga saat liburan datang, banyak wisatawan yang singgah ke sini. Tentunya pantai ini masih dalam tahap pengembangan karena ada penambahan pepohonan palem, tempat duduk, dan spot taman. Selain masih baru dan bersih, juga mendukung para wisatawan yang ingin melakukan spot foto dengan pemandangan yang sangat indah ini.

Tentang Pantai Ngrawe Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai ini memiliki sejarah unik dimana dulunya sebelum dikembangkan, untuk berkunjung ke pantai ini sangat sulit karena lokasinya sangat tersembunyi dan untuk mencapainya kamu harus menunggu sampai air laut surut terlebih dahulu. Dengan kata lain, lokasinya belum dikenal masyarakat luas karena jarak tempuhnya yang begitu sulit.

Pantai yang masih agak sepi ini memang berbeda suasananya dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Pantai ini memang menyimpan keindahan yang bernuansa pasir putih. Keadaan air laut yang benar-benar jernih. Terlebih lagi pada sore hari, akan terlihat hiasan panorama di langit mengiringi matahari yag terbenam. Lengkap dengan gerombolan burung yang berterangan sekaligus menambah keindahan pantai saat sore hari.

Baca Juga : Tempat Wisata Candi Borobudur

Suasana pantai ini masih sangat alami serta wisatawan belum banyak yang berkunjung ke pantai ini. Hal ini dikarenakan pantai ini masih baru dijadikan sebagai tempat wisata dan masih asing terdengar. Dari segi penataan pantai ini terbilang cukup klasik dan rapi sehingga jika kamu singgah ke tempat ini pasti sangat betah dan nyaman. Background pemandangan pantai juga mendukung untuk selfie.

Kamu juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati sunset dengan beralaskan pasir putih yang khas hingga suara deburan ombak. Jika berbicara mengenai daya tarik pantai ini juga sangatlah banyak, saat kamu memperhatikan pantai ini seperti daerah pedestrian di pinggir pantai lengkap dengan spot taman. Di Pantai Ngrawe tersedia juga gazebo oleh pihak pengelola agar kamu bisa bersantai-santai sambil menikmati suasana pantai yang indah. Penambahan konsep taman di pinggir pantai ini termasuk yang pertama kali ada di Pantai Yogyakarta.

Lokasi Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Pantai ini berada di Kelurahan Kemadang, Kecamatan Tanjug Sari, Kabupaten, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya berlokasi di sebelah timur Pantai Baron atau sebelah Barat Pantai Kukup. Jika kamu dari kota Jogja, pantai ini dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan, sedangkan jika dari Gunung Kidul jarak tempuhnya dalam waktu 50 menit.

Rute Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Untuk rute tercepat dari kota Jogja menuju ke pantai ini kamu bisa mengemudi dari jalan Imogiri timur atau arah Imogiri barat. Kemudian setelah tiba di Imogiri langsung menuju ke arah Jembatan Imogiri Siluk disarankan mengambil arah Panggang. Apabila sudah tiba ke terminal Panggang silakan ambil jalur kiri yang menuju ke arah Pantai Saptosari. Kemudian lanjut ke arah Kemadang, jika kamu masih bingung silakan melihat google maps atau petunjuk arah di sekitar jalan.

Selain jalur Imogiri, kamu juga bisa mengemudi dengan mengambil jalan Wonosari, kemudian Jl. Nasional III, Jl. Raya Wonosari Paliyan, Jl. Giring Singkil, dan Jl. Pantai Selatan Jawa ke Ngepung. Rute yang terakhir menuju ke Pantai Ngrewe, kamu bisa mengemudi dari Jl. Wonosari, kemudian Jl. Nasional III, setelah itu langsung saja menuju ke Jl. Playen Paliyan, Jl. Raya Panggang Wonosari, dan Jl. Pantai Selatan Jawa ke Ngepung.

Baca Juga : Tempat Wisata Candi Prambanan

Perjalanan menuju ke pantai ini memang cukup jauh apalagi jika kamu dari arah kota Jogja. Sedangkan untuk rute Gunung Kidul termasuk rute tercepat, kamu bisa mengambil jalur ini, yaitu rute tercepatnya melalui Jl. Baron. Rute terjauhnya melalui Jl. Pantai Selatan Jawa.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawe

Berbicara mengenai liburan di Yogyakarta tentu saja tidak bisa lepas dari harga yang terjangkau. Seperti halnya untuk masuk ke pantai ini harga tiketnya cuma Rp 10.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati pemandangan di pantai pendatang baru dari Yogyakarta mulai dari pagi hingga sore. Untuk biaya parkir bagi yang membawa motor, biaya tambahannya Rp 3000. Sedangkan biaya parkir bagi yang membawa mobil biaya yang dikenakan Rp 5000 saja.

Fasilitas di Pantai Ngrawe

Meskipun pantai ini masih baru, namun sudah banyak tersedia berbagai fasilitas yang membuat wisatawan nyaman berlama-lama di sini. Fasilitasnya bisa dikatakan cukup lengkap, mulai dari toilet dan kamar mandi umum, tempat istirahat berupa gazebo dan aula yang lumayan luas, tempat parkir yang luas cukup memadai untuk parkir mobil, tempat spot foto, hingga lokasi bermain yang begitu luas.

Di pantai ini juga dibangun warung makan yang berderet rapi yang menyediakan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Liburan memang tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner setempat. Jika proses pengerjaan tempat ini sudah selesai akan ada bermacam-macam kuliner yang tersedia, mulai dari olahan laut dan makanan lainnya.

Sepertinya untuk fasilitas akan terus bertambah untuk dapat menarik minat para wisatawan berkunjung ke sini. Mengingat tempat ini dikembangkan oleh pengusaha dan bukan dari pemkab daerah. Tahap pengembangannya masih belum selesai dan belum dibuka secara resmi. Jadi memungkinkan pantai ini menjadi pantai yang berfasilitas lengkap di Gunung Kidul.

Tips Liburan ke Pantai Ngrawe

Ada beberapa tips jika kamu ingin berlibur ke sini, meskipun pantai ini masih dalam pengembangan, disarankan jangan lupa membawa kamera karena dari segi tempatnya seperti panorama alam sangat bagus mengabadikan momen berlibur ke sini. Tips selanjutnya, jika meuju ke pantai ini sebenarnya mudah, karena sudah ada layanan googe maps. Ada beberapa tempat yang susah sinyal sebaiknya aktifkan google maps mode offline agar lebih mudah terjangkau.

Lokasi Pantai Ngrawe memang sagat jauh dari Kota Jogja, ditambah jalurnya yang naik turun dan berliku-liku. Sebaiknya kamu tetap perlu hati-hati dan waspada saat mengemudi. Kondisi badan juga dipastikan tetap fit serta kondisi kendaraannya. Untuk budgetnya, sebaiknya ambil uang kira-kira yang cukup saja di Kota Jogja atau di pusat Kota Gunung Kidul, karena tidak ada ATM selama perjalanan menuju ke lokasi pantai ini.

Dan bila anda membutuhkan alat transportasi yang mudah dan aman, kami sarankan anda menggunakan sepeda motor saja yang bisa anda sewa di rental motor jogja yang menyediakan berbagai jenis motor dengan kondisi yang prima dan selalu tampil baru.

5/5 (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *