Selain Pantai, Ini 7 Tempat Sunset di Jogja yang Tak Kalah Memukau!

Berburu tempat sunset di Jogja menjadi satu dari sekian alasan wisatawan berkunjung ke sana. Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Yogyakarta menawarkan opsi lokasi beragam. Namun wisata alam masih menjadi yang paling banyak dicari, terutama untuk mereka yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Mencari spot matahari terbenam di Jogja

Lokasi Yogyakarta yang dekat dengan pantai membuat wisatawan mudah menemukan sunset yang mereka dambakan. Namun, tahukah Anda bila fenomena alam tersebut bisa dipantau juga dari lokasi-lokasi lain? Sudut pandang berbeda bakal membuat panorama matahari terbenam yang disaksikan begitu memukau dan tak kalah cantik dibandingkan yang Anda temukan di pantai.

Nah, sebagai rekomendasi, berikut delapan tempat sunset di Jogja selain pantai yang bisa disambangi.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta
  • Save

Siapa bilang Anda harus ke Afrika untuk melihat gurun pasir? Faktanya, Anda hanya perlu datang ke Yogyakarta untuk melihat tempat tersebut. Adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, salah satu fenomena langka di dunia yang ternyata menawarkan pemandangan matahari tenggelam terbaik di tanah air.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan pasir yang berasal dari endapan pasir Gunung Merapi, lalu terbawa sungai sejak dahulu. Ketika datang di senja hari, Anda bakal melihat hamparan gurun pasir bak di Timur Tengah yang tertimpa cahaya jingga dari sunset.

Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta
  • Save

Lokasi-lokasi bersejarah dapat menjadi tempat sunset di Jogja yang memukau. Anda akan menemukan banyak candi di sana, tak terkecuali Candi Ijo. Areanya memang tidak terlalu luas, tetapi sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melihat matahari terbenam dari ketinggian.

Candi Ijo sendiri berlokasi di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Pihak pengelola tempat ini bahkan menyediakan pelataran khusus yang disiapkan untuk turis yang berniat menikmati sunset. Jadi, siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikannya.

Candi Ratu Boko

Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta
  • Save

Siapa yang tidak mengenal nama candi ini? Bertempat di Prambanan, Candi Ratu Boko yang kaya akan nilai historis rupanya berpotensi sebagai tempat sunset di Jogja. Ketika senja tiba, wisatawan yang ada di situs bersejarah tersebut bakal dimanjakan siluet candi yang membingkai keindahan sunset.

Anda yang tertarik menyaksikannya dapat pergi dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Jangan lupa untuk menyiapkan uang sebesar Rp35.000 untuk menebus tiket harga masuk supaya Anda bisa melihat matahari terbenam.

Candi Plaosan

Candi Plaosan Yogyakarta
  • Save

Masih membahas candi, ada Candi Plaosan yang dapat Anda pilih sebagai tempat berburu matahari terbenam. Situs bersejarah ini cukup terkenal karena lokasinya yang berdekatan dengan Candi Ijom dan Candi Ratu Boko, sehingga tak akan sulit Anda temukan.

Candi bercorak Buddha tersebut menawarkan pengalaman berburu sunset yang unik. Pasalnya, tempat sunset di Jogja ini akan menghasilkan siluet memukau dengan area persawahan sebagai latar tambahan yang menguatkan kesan natural di sana.

Baca Juga: Tips dan Cara Mendapatkan Foto Bagus di Tempat Sunset Yogyakarta

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Yogyakarta
  • Save

Dibandingkan lokasi-lokasi sebelumnya, Embung Nglanggeran termasuk tempat baru yang bisa Anda kunjungi untuk melihat matahari terbenam di Gunung Kidul. Spot ini merupakan danau buatan yang ada di atas bukit dan menghasilkan panorama sunset yang elok.

Bukan hanya itu, wisatawan yang datang ke Embung Nglanggeran juga akan dimanjakan taman bunga di sekitarnya. Sambil menunggu, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman tersebut sebelum mendapatkan potret terbaik di tempat sunset di Jogja.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang Yogyakarta
  • Save

Dikenal juga sebagai Bukit Parang Endok, lokasi yang bisa Anda jangkau dari Pantai Parangtritis ini menawarkan keindahan matahari terbenam yang indah di Yogyakarta. Sesuai namanya, bukit tersebut dijadikan sebagai lokasi latihan atlet paralayang dari berbagai daerah.

Hal inilah yang membuat Bukit Paralayang menjadi unik. Pasalnya, selain mendapatkan foto sunset terbaik, wisatawan bisa menyaksikan para atlet latihan dan bentangan pantai-pantai ternama yang ada di sekitar Parangtritis secara leluasa.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Yogyakarta
  • Save

Opsi berikutnya yang cocok dijadikan sebagai tempat berburu sunset di Yogyakarta adalah Puncak Suroloyo. Menjangkau lokasi ini bukan hal mudah, karena Anda harus mendaki terlebih dahulu. Anda mungkin bakal kelelahan, tetapi begitu sampai di tempat sunset Jogja ini, Anda dijamin terpesona.

Betapa tidak? Anda dapat menyaksikan panorama mengesankan di sore hari sembari menikmati secangkir kopi khas Suroloyo. Menyaksikan pemandangan alam di ketinggian bersama teman-teman atau keluarga akan semakin mengoptimalkan pengalaman Anda.

Baca Juga: Selain Parangtritis, Ini 7 Pantai di Gunung Kidul yang Menawarkan Sunset Terbaik

Candi Abang

Candi Abang Yogyakarta
  • Save

Kembali lagi ke tempat bersejarah, ada Candi Abang yang dapat Anda sambangi bila ingin mencari keindahan matahari terbenam. Candi yang bertempat di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, mempunyai desain yang berbeda dari lokasi-lokasi lainnya.

Pasalnya, Anda akan mendapati sisa-sisa atau reruntuhan candi yang tertutup tanah dan rumput yang membentuk bukit. Maka bukan hal aneh kalau tempat sunset di Jogja tersebut dijuluki juga sebagai Bukit Teletubbies di Sleman atau mungkin Yogyakarta.

Bagaimana? Apa Anda sudah menemukan lokasi-lokasi terbaik untuk berburu matahari terbenam? Pastikan Anda sudah mempersiapkan perlengkapan, rute, dan biaya yang dibutuhkan agar pencarian sunset di Yogyakarta memberikan hasil yang maksimal dan tidak merepotkan Anda.

5/5 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *