Tips dan Cara Mendapatkan Foto Bagus di Tempat Sunset Yogyakarta

Sedang mencari tempat sunset di Jogja? Matahari terbenam atau sunset merupakan fenomena alam yang sampai sekarang dicari banyak orang. Tidak sedikit di antara mereka yang sengaja pergi ke spot khusus untuk merasakan pengalaman paling maksimal.

Sunset di Yogyakarta
  • Save

Namun, mengabadikan sunset di Yogyakarta potret bukan hal mudah. Anda harus berhadapan dengan cuaca tak menentu, medan menuju lokasi yang berat, hingga penggunaan kamera yang kadang kurang maksimal. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan foto matahari terbenam paling indah tanpa harus membuang banyak waktu, simak tipsnya berikut ini!

Menentukan lokasi yang sesuai

Lokasi menjadi hal krusial yang menentukan hasil jepretan. Fotografer profesional pastinya tak akan kesulitan menemukan tempat sunset di Jogja, karena sudah tahu kebutuhan mereka. Sementara Anda yang belum terbiasa perlu mempertimbangkannya sematang mungkin.

Di Yogyakarta, Anda bisa mengambil potret matahari terbenam di dataran rendah seperti pantai dan dataran tinggi seperti bebukitan. Perhatikan juga rute menuju lokasi tersebut, karena waktu yang Anda butuhkan untuk menjangkaunya akan mempengaruhi persiapan.

Baca Juga: Selain Parangtritis, Ini 7 Pantai di Gunung Kidul yang Menawarkan Sunset Terbaik

Bisa memakai wide angle, asalkan…

Beberapa orang menganggap lensa lebar atau wide adalah media yang tepat untuk menangkap sunset mengingat fenomena ini terjadi di bentang alam yang luas. Memang benar Anda bisa menggunakan wide angle, tetapi jangan sampai Anda melupakan fokus.

Ya, fokus yang diatur dari kamera akan memberikan dampak pada foto yang diambil di tempat sunset di Jogja. Anda tidak perlu malu kalau hanya punya lensa tele, karena media ini bisa menghasilkan gambar tajam dan detail. Mainkan juga objek pendamping untuk memperindah potret sunset.

Gunakan cahaya rendah (underexpose)

Seperti yang telah disinggung, permainan cahaya akan berdampak pada hasil akhir. Bidang fotografi mengenal istilah underexpose, yakni teknik memotret yang mengandalkan cahaya rendah. Dalam hal ini, Anda bisa mengatur shutter speed yang cepat dengan mode manual.

Jika Anda belum yakin, latihlah teknik underexpose dengan objek-objek di sekitar. Apabila metode ini diterapkan dengan tepat di tempat sunset di Jogja, maka Anda akan memperoleh pencahayaan rendah yang merata di kanan maupun kiri.

Menciptakan cerita melalui siluet

Permainan siluet dalam foto matahari terbenam sering kali dilupakan beberapa orang. Padahal, siluet akan memberikan efek dramatis pada sunset yang Anda abadikan melalui foto. Di Yogyakarta sendiri, ada sejumlah tempat yang mendukung potret siluet seperti Candi Plaosan dan Candi Ratu Boko.

Lewat siluet, Anda juga dapat membangun cerita dengan menghadirkan suasana redup seperti matahari terbenam. Sementara objeknya dapat Anda ciptakan dari lingkungan sekitar seperti candi, bukit, kelapa pohon, dan perahu nelayan.

Kondisikan dengan awan dan langit

Bisa dikatakan awan adalah salah satu musuh terbesar fotografer yang ingin memotret di tempat sunset di Jogja. Memaksakan diri mengambil foto saat langit sedang berawan akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Sebaiknya tunggu sampai awan menipis atau berpisah.

Cara Mendapatkan Foto Bagus di Tempat Sunset Yogyakarta
  • Save

Bagaimana kalau lokasi pemotretan tiba-tiba mendung atau hujan? Jika kamera masih bisa menangkap matahari, mainkan objek-objek di sekitar Anda untuk memberikan efek dramatis. Akan tetapi, bila sudah tak memungkinkan, Anda bisa berburu di lain waktu.

Menggunakan fokus manual di kamera

Selain lensa, fokus juga memainkan peran penting dalam pengambilan sunset di Yogyakarta. Anda mungkin berpikir fokus otomatis akan menghasilkan potret bagus karena mampu menciptakan gambar baik. Namun, fokus manual rupanya lebih direkomendasikan untuk memotret matahari terbenam.

Mengapa? Fokus manual termasuk fitur yang akan memberikan jepretan memuaskan untuk semua objek, termasuk di tempat sunset di Jogja. Jadi semuanya memang kembali pada kemahiran Anda menggunakan fokus pada kamera, bukan jenis fokus yang dipilih.

Baca Juga: 10 Daftar Tempat Sunset di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Manfaatkan spot metering/sunset scene

Untuk mendapatkan eksposur sesuai keinginan, manfaatkan mode metering spot apabila Anda memakai DSLR atau Prosumer. Sementara sunset scene bisa diandalkan dari kamera saku untuk pemula. Selama Anda tahu cara mengaturnya, jepretan pasti akan terlihat profesional.

Untuk metering, arahkan titik fokus ke sekitar matahari, lalu pencet separuh shutter dan kunci eksposur. Jika Anda menggunakan kamera saku, cukup arahkan saja ke objek dan ambil foto. Pahami baik-baik fitur ini supaya Anda tak perlu memotret berkali-kali saat berada di tempat sunset di Jogja.

Terus coba meski momen sunset sudah lewat

Sunset, seperti halnya sunrise, punya durasi yang relatif singkat, yakni 30 menit. Dengan kata lain, Anda harus mempertimbangkan penggunaan waktu. Telat sedikit saja, Anda bukan hanya kehilangan momen, tetapi juga jepretan matahari terbenam terbaik.

Meski demikian, jangan kemasi kamera Anda saat matahari melewati garis horizon. Bertahanlah sampai cahaya menyebar dari garis horison dan bidik kamera untuk mendapatkan foto dramatis di tempat sunset di Jogja yang bakal membuat siapa pun terkesan saat melihatnya.

Dari pemaparan di atas, Anda dapat simpulkan sendiri pemotretan sunset dipengaruhi banyak faktor. Selain teknik mengambil foto yang sesuai, jenis kamera hingga lokasi pengambilan ikut menentukan hasil akhir yang ingin Anda inginkan.

Semoga dengan informasi ini, Anda bisa memperoleh potret matahari terbaik di Yogyakarta, ya!

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *