Tempat Wisata Museum di Jogja Yang Harus Anda Kunjungi

Sebagian besar orang yang mengunjungi Jogja adalah untuk menikmati wisata alam, padahal kota yang satu ini tidak hanya menawarkan tempat wisata alamnya saja, namun untuk anda pecinta sejarah dan budaya, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai museum dengan berbagai koleksi yang menarik untuk dilihat. Berbagai daftar museum di Jogja tersebut adalah sebagai berikut.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta
  • Save

Terletak di area kaki gunung Merapi, di dalam museum ini anda bisa melihat budaya hingga kehidupan dari bangsawan dinasti Mataram yang dilengkapi juga dengan koleksi batik yang indah bercorak Solo dan Yogyakarta. Museum ini buka setiap hari, senin sampai jumat jam 08.00-16.00 WIB, sedangkan di akhir pekan adalah 08.30 sampai 17.00 WIB. Untuk mengunjungi museum ini, tidak ada salahnya mengajak serta keluarga atau kerabat terdekat agar bisa mengetahui lebih dekat museum ini.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
  • Save

Museum yang terletak di jalan Pangarukan 6, Ngupasan ini merupakan wisata museum Yogyakarta yang harus anda kunjungi. Mengapa? Hal ini dikarenakan di sini terdapat sekitar 43 ribu koleksi benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan kebudayaan Jawa. Koleksinya pun sangat lengkap yang terdiri dari berbagai kategori dari mulai historika, filologi, arkeologi, hingga seni rupa. Anda pun bisa menonton pagelaran wayang pada saat tertentu di museum ini.

Baca Juga: 6 Goa di Yogyakarta yang Punya Pesona Eksotis. Jangan Sampai Anda Lewatkan!

Museum Affandi

Museum Affandi Yogyakarta
  • Save

Museum Affandi ini terletak di jalan Laksda Adisucipto nomor 167, Sleman yang menjadi tempat wisata museum terkenal di Jogja. Seperti namanya bahwa museum ini menawarkan berbagai lukisan yang dihasilkan oleh seorang maestro ternama, yaitu Affandi. Area dari museum ini terbagi ke dalam 3 bagian galeri, yang pertama adalah galeri yang memamerkan berbagai barang yang sering digunakan sang maestro. Di galeri kedua terdapat lukisan dari pelukis lain, sedangkan di galeri ketiga terdapat berbagai karya dari keluarga Affandi. Di dalam komplek museum ini anda juga bisa melihat bangunan yang dulunya adalah kediaman dari Affandi dan keluarga. Diantara galeri pertama dan kedua dari museum ini anda dapat mengunjungi makam Affandi dan sang istri. Selain memamerkan lukisan karya sang maestro, anda sebagai pengunjung pun bisa membeli lukisan secara resmi disini. Sehingga untuk anda yang ingin sekali memiliki lukisan berkelas dan bernilai seni tinggi, maka tidak ada salahnya mengunjungi museum ini.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
  • Save

Tentunya museum yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk anda, terlebih lagi yang sudah pernah mengunjungi Jogja. Museum yang terletak di pusat kota dan dekat dengan Malioboro, bahkan telah menjadi bagian dari bangunan ikonik dari kota Jogja ini ternyata menyimpan berbagai diorama perjuangan masyarakat Jogja saat berperang melawan Belanda. Tidak hanya bangunannya saja yang instagramable, namun museum ini juga dilengkapi dengan koleksi patung hingga koleksi digital. Bila anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini alangkah baiknya anda menggunakan sepeda motor yang bisa anda sewa di Sewa Motor Jogja yang menawarkan beraneka jenis kendaraan roda dua dengan harga murah dan banyak motor baru yang disediakan disana.

Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon Yogyakarta
  • Save

Pembangunan dari museum yang memamerkan kebudayaan wayang yang terletak di jalan Raya Jogja Wonosari ini dimulai pada tahun 1990 yang lalu. Di dalamnya menyimpan berbagai wayang dari berbagai abad, dari mulai abad ke 6 sampai abad 20. Berbagai wayang yang dipamerkan di dalam museum Wayang Kekayon terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kertas, kayu, hingga kulit.

Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton Yogyakarta
  • Save

Museum Kereta Keraton ini dibangun di masa Sultan Hamengkubuwono VII dan terletak di alun-alun Utara dari Keraton. Di museum ini terdapat berbagai koleksi kereta dari kesultanan, ada yang sudah berumur puluhan sampai ratusan tahun. Kereta kesultanan tertua yang ada di dalam museum ini adalah kereta dari Kanjeng Nyai Jimat karena terbuat pada tahun 1750. Setiap 1 suro dari penanggalan Jawa, maka koleksi kereta yang ada di museum ini akan dimandikan pada ritual Jamasan.

Museum Tembi Rumah Budaya

Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta
  • Save

Museum Tembi atau disebut juga dengan rumah budaya ini dipakai untuk keperluan dalam memamerkan budaya Jawa. Seringkali di museum ini digelar pertunjukan seni dari mulai pertunjukan musik hingga tarian. Selain menampilkan pertunjukan, di museum Tembi juga memamerkan peralatan dapur tradisional Jawa klasik dan unik seperti tungku dan dandang, senjata tradisional Jawa seperti tombak dan keris, batik motif yang khas, hingga alat musik tradisional seperti gamelan dan batik. Di tempat ini juga terdapat ribuan naskah yang memang tersedia di perpustakaannya. Di rumah budaya Tembi ini juga terdapat restoran yang dilengkapi dengan kolam renang dan meeting room, sehingga membuat lingkungan di sekitar museum ini sangat pas dalam mengisi feed instagram anda.

Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta
  • Save

Yogyakarta memang telah dikenal sebagai kota budaya, bahkan mewarisi batik dengan berbagai ciri khas tertentu melalui corak, motif, hingga gaya khas Jogja. Nah, untuk anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan batik, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi museum Batik Yogyakarta. Di museum ini terdapat berbagai koleksi hingga informasi dari perkembangan batik yang ada di Jogja. Anda pun dapat belajar membatik di sini. Jika anda tertarik mengunjunginya, museum ini terletak di jalan Dr. Sutono 13A.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali Yogyakarta
  • Save

Museum yang satu ini berada di jalan Lingkar Utara, Sariharjo, Yogyakarta. Monument dan museum yang berbentuk gunung ini adalah museum sejarah dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi dengan ruang serbaguna dan ruang perpustakaan. Di pintu masuknya ada 422 nama pahlawan yang telah gugur ketika membela negara. Selain itu, di museum ini juga tersusun rapi foto, replika, berbagai jenis senjata, dokumen, hingga bentuk replika dari dapur umum pada suasana perang kemerdekaan tahun 1945 hingga 1949.

Museum De Mata Trick Eye

Museum De Mata Trick Eye Yogyakarta
  • Save

Tahukah anda bahwa museum yang satu ini adalah salah satu museum yang sangat digemari oleh kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan di dalam museumnya terdapat berbagai gambar mural hingga gambar 3D yang bisa digunakan untuk berfoto sambil bergaya. Tentunya lukisan mural atau gambar 3D ini tersaji dengan berbagai tema yang menarik dari mulai alam, superhero, olahraga, angka, hingga binatang. Nah, saat anda ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi museum ini sebagai salah satu daftar museum di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

5/5 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *