Tips Sewa Motor di Yogyakarta yang Aman

Sewa sepeda motor di Yogyakarta sekarang ini bukan perkara sulit lagi. Ini dikarenakan ada banyak tempat-tempat di Yogyakarta yang menyewakan berbagai varian sepeda motor. Bahkan lokasi tempat penyewaan motor ini sendiri cukup strategis. Diantaranya dekat dengan stasiun kereta api. Jadi sewaktu-waktu ada penyewa tidak akan kebingungan harus ke mana untuk menyewa sepeda motor.

Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar saja. Tetapi juga dikenal sebagai kota wisata yang tidak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Beraneka ragam jenis tempat wisata hadir di kota ini. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata buatan, sampai wisata museum pun ada di sini. Memang se-terkenal itu tempat wisata Yogyakarta di mata banyak orang.

Saat hendak menuju tempat wisata, pastinya pernah menjumpai beberapa turis asing di jalan-jalan sedang mengendarai sepeda motor. Pastinya akan berpikir dari mana mereka mendapatkan sepeda motor tersebut bukan? Jangan salah saat ini sudah banyak tempat sewa motor di Yogyakarta. Dimana tempat-tempat ini menyediakan beragam jenis sepeda motor yang bisa disewa sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya tempat sewa sepeda motor Yogyakarta ini tidak hanya menyediakan untuk wisatawan saja. Tetapi masyarakat sekitar juga bisa menyewa sepeda motor ini untuk digunakan sesuai keperluan. Hanya dengan modal KTP dan sejumlah uang sudah bisa menyewa sepeda motor untuk digunakan seharian ke tempat-tempat wisata. Bahkan juga bisa menyewa sampai beberapa hari lho.

Tips Sewa Motor Yogyakarta untuk Berwisata

Bagi yang sedang berwisata di Yogyakarta untuk beberapa hari dan ingin cepat sampai di tempat wisata impian. Pilihan tepat jika memilih menyewa sepeda motor. Seperti diketahui bersama bahwa berkendara menggunakan sepeda motor akan membuat perjalanan jadi lebih cepat sampai. Ini dikarenakan sepeda motor bisa mencari jalan pintas dan mudah menyalip kendaraan lainnya.

Sebelum berwisata dengan menggunakan sepeda motor sewaan. Ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips menyewa sepeda motor di Yogyakarta terlebih dahulu.  Hal ini dimaksudkan supaya nantinya bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Tentunya Anda tidak ingin sampai di tilang oleh polisi bukan? Maka dari itulah, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Mencari Rental Motor Terpercaya

Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih tempat sewa motor di Yogyakarta. Seperti diketahui bahwa ada banyak tempat rental sepeda motor. Hal ini sedikit banyak akan membuat jadi bingung harus memilih yang mana. Pilihan terbaik adalah dengan memilih tempat sewa sepeda motor yang sudah terpercaya dan juga berpengalaman.

Hal ini bisa dilihat dari lama berdiri, testimoni, dan portofolio yang dimiliki oleh jasa rental sepeda motor tersebut. Selain itu juga bisa dilihat dari keaktifan di media sosial atau update website. Semakin update media sosial dan website, maka jasa rental tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Jadi nanti akan aman jika menyewa motor ditempat tersebut.

  1. Mengecek Syarat & Ketentuan

Langkah selanjutnya adalah mengecek syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh jasa sewa sepeda motor di Yogyakarta. Pahami dengan baik apakah syarat dan ketentuan yang diberikan mudah atau tidak. Umumnya jasa rental akan meminta kartu identitas dan SIM C. Jika penyewa sudah memenuhi syarat dan ketentuan, maka bisa membawa motor yang sesuai kemampuan.

  1. Mempertimbangkan Biaya Sewa

Tiap-tiap jasa rental sepeda motor di Yogyakarta biasanya mematok biaya sewa berbeda-beda. Ada yang bisa memberikan penawaran biaya sewa murah sampai mahal. Akan lebih baik jika sebelumnya bisa membuat perbandingan biaya sewa antar jasa rental. Dengan begitu bisa membuat pertimbangan yang lebih matang, apakah ingin menyewa ditempat tersebut atau tidak.

  1. Mengetahui Lama Penyewaan

Jangan lupa untuk mengetahui berapa lama durasi penyewaan yang diperbolehkan jasa sewa sepeda motor di Yogyakarta. Sebab tiap-tiap jasa rental juga bisa memberikan durasi penyewaan yang berbeda-beda. Ada yang durasi sewa berdasarkan jam sampai 1 hari penuh. Jadi akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui berapa durasi penyewaan yang ditetapkan.

  1. Perhatikan Fasilitas

Saat menyewa sepeda motor, jangan lupa untuk memperhatikan dengan baik fasilitas yang didapatkan. Umumnya ketika menyewa sepeda motor Yogyakarta, akan mendapatkan fasilitas seperti helm dan jas hujan. Jika saat menyewa sepeda motor, ternyata tidak mendapatkan fasilitas standar ini. Ada baiknya untuk menanyakan pada pihak penyewa mengapa tidak mendapatkan fasilitas standar tersebut.

  1. Mengecek Surat Kendaraan

Ketika berkendara menggunakan sepeda motor tentunya membutuhkan surat kendaraan, seperti STNK. Jangan sampai saat menyewa sepeda motor tidak mendapatkan STNK. Tentunya tidak ingin di tilang oleh polisi bukan? Oleh sebab itulah, sebelum menyewa sepeda motor sebaiknya mengecek apakah jasa sewa memberikan surat kendaraan atau tidak. Dengan begitu nantinya bisa membuat keputusan ingin menyewa atau tidak.

  1. Memilih Motor Sesuai Kemampuan

Apabila sudah melakukan pengecekan pada jasa sewa sepeda motor Yogyakarta. Maka langkah selanjutnya adalah memilih motor yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Biasanya pihak jasa rental bisa menyediakan beragam variasi sepeda motor. Mulai dari motor manual sampai matic. Namun harus diketahui bahwa terkadang antara satu motor dengan lainnya mempunyai biaya sewa berbeda.

  1. Mengecek Kondisi Motor

Kondisi motor yang akan disewa pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai membawa motor yang kondisinya kurang bagus. Jika membawa kendaraan yang kondisinya kurang bagus akan menimbulkan hal-hal tidak diinginkan nantinya. Jadi pengecekan kondisi sepeda motor merupakan hal terpenting sebelum menyewa. Apabila ditemukan kondisi yang kurang mengenakan, maka bisa ganti sepeda motor.

  1. Memperhatikan Bahan Bakar

Terakhir adalah memperhatikan bahan bakar. Biasanya saat menyewa sepeda motor, bahan bakar sudah termasuk di dalamnya. Meskipun tidak dalam kondisi full tank, namun pastikan masih ada sisa bahan bakar kendaraan. Selain itu juga bisa menanyakan jenis bahan bakar apa yang digunakan pada sepeda motor tersebut. Apakah menggunakan bahan bakar premium, pertamax atau lite.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik saat sewa sepeda motor di Yogyakarta. Dengan beberapa hal ini tentunya akan membuat perjalanan ke tempat wisata alam atau kuliner jadi lebih aman serta nyaman. Salah satu tempat sewa sepeda motor Yogyakarta yang terpercaya adalah View Jogja. Ada banyak keuntungan jika menyewa sepeda motor ditempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi dengan layanan chat kami via WhatsApp

Chat with us on WhatsApp