10 Daftar Tempat Sunset di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Sunset atau matahari terbenam merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri umat manusia. Keindahan alam yang satu ini mungkin cukup terlihat sederhana, namun akan berbeda saat Anda bisa menemukan makna keteduhan dibaliknya. Saat semburat jingga di ufuk barat hadir menawarkan ketenangan yang menenangkan hati dan mata, tidak ada yang bisa menahannya. Bagi Anda yang ingin berburu sunset di kawasan Jogja, Anda perlu mencari dan mengumpulkan terlebih dahulu beberapa spot melihat sunset terbaik di kawasan Jogja. Ada cukup banyak spot menikmati sunset di Jogja yang bisa Anda pilih.

Jogja sendiri memang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata terbaik di Indonesia. Jogja memiliki beragam objek destinasi wisata, tidak terkecuali spot terbaik untuk berburu wisata sunset. Nah, di mana saja tempat terbaik melihat sunset di Jogja? Yuk, simak daftar tempatnya dalam ulasan ringkas di bawah ini!

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakarta
  • Save

Salah satu tempat terbaik untuk berburu sunset di kota Jogja ialah kawasan wisata Pantai Parangtritis. Tidak hanya mempesona dengan pemandangan khas pantai yang indah. Pantai Parangtritis juga menjadi salah satu spot menikmati sunset paling difavoritkan banyak masyarakat lokal hingga para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah. Pantai Parangtritis berlokasi di Kabupaten Bantul dan memang dikenal sebagai salah satu ikon wisata terbaik di provinsi Jogja. Mempunyai kondisi lanskap yang luas dengan area pantai yang landai, Anda bisa menikmati pesona sunset di Pantai Parangtritis dengan sempurna.

Selain melihat perpaduan sunset di pasir putih Pantai Parangtritis yang lembut, ada juga spot menikmati sunset lainnya di tempat ini. Spot yang biasanya digunakan sebagai landasan paralayang juga menyuguhkan pesona sunset yang tidak kalah memukau lho. Lokasi ini sendiri tidak jauh dari kawasan Pantai Parangtritis. Cukup beberapa menit melakukan pendakian maka Ada bisa menikmati pesona matahari senja di tempat ini.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Melihat Sunset

Candi Plaosan

Candi Plaosan Yogyakarta
  • Save

Berikutnya ada spot menikmati sunset yang bernama Candi Plaosan. Kawasan Jogja memang termasuk kawasan dengan jumlah candi yang cukup banyak dibandingkan daerah lainnya. Hanya saja tidak semua candi menyuguhkan pesona berbeda yang satu ini. Di mana Anda berkesempatan melihat suguhan matahari terbenam yang begitu indah di Candi Plaosan. Selain Candi Ijo dan Ratu Boko, Candi Plaosan juga termasuk spot menikmati sunset terkenal dan difavoritkan oleh para sunset hunter Jogja. Candi ini sendiri merupakan candi Budha yang letaknya tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan, yakni masih di Jalan Solo.

Berburu sunset di tempat ini sangat menarik dan berbeda dari tempat lainnya. Bagaimana tidak, Anda bisa melihat pemandangan sunset yang menyinari dan membentuk siluet Candi Plaosan yang gagah. Selain itu, Anda juga berkesempatan melihat area persawahan yang ada di sekeliling candi yang menyuguhkan pemandangan sunset yang lebih menarik lagi. Area persawahan memberikan kesan khas pedesaan yang sangat sejuk dan menenangkan.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta
  • Save

Spot berburu sunset lainnya yang tidak kalah istimewa ialah Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal termasuk salah satu pantai terbaik dan terindah yang ada di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini memiliki lanskap yang luas dengan hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Bayangkan kesempatan melihat matahari terbenam yang sangat indah melewati permukaan air pantai yang sangat indah. Bagi Anda yang berada di kawasan Jogja, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan berburu sunset di kawasan Pantai Pok Tunggal.

Watu Lumbung

Watu Lumbung Yogyakarta
  • Save

Selanjutnya ada tempat menikmati sunset di kawasan Watu Lumbung. Kawasan ini masih termasuk tempat wisata yang difavoritkan masyarakat Jogja. Bahkan Watu Lumbung telah berkembang menjadi objek wisata yang dipopulerkan kalangan anak muda kota Jogja. Lokasi wisata yang satu ini menyuguhkan pesona sunset plus wisata kuliner di perbukitan Watu Lumbung. Kesempatan menikmati hidangan kuliner khas Jogja sambil menikmati pemandangan sunset, kapan lagi Anda bisa melakukannya bukan?

Watu Lumbung berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Biasanya saat memasuki waktu sore hari, kafe-kafe yang ada di kawasan Watu Lumbung sudah dipenuhi oleh banyak anak muda yang asyik menikmati kopi dan menikmati kuliner sederhana sambil ditemani keindahan matahari terbenam di balik pepohonan yang hijau. Bahkan tidak jarang ada wisatawan asing di kawasan Watu Lumbung yang penasaran dengan tempat wisata sederhana yang satu ini.

Puncak Suroloyo

Sunset di Puncak Suroloyo
  • Save

Puncak Suroloyo menjadi satu dari sekian banyak objek menikmati wisata sunset terpopuler yang ada di Jogja. Untuk bisa melihat sunset di tempat ini, Anda diharuskan mendaki bukit terlebih dahulu agar bisa mencapai Puncak Suroloyo. Meskipun cukup merasa lelah dan letih selama perjalanan pendakian dengan kondisi jalanan yang cukup terjal, Anda akan dibuat terpana penuh kepuasan saat melihat suguhan keindahan sunset di Puncak Suroloyo setiba nantinya.

Cukup temani suasana dengan segelas kopi khas Suroloyo, maka kegiatan berburu sunset Anda akan semakin mengasyikkan dan mengesankan. Nah, demikianlah beberapa spot menikmati wisata sunset terbaik di kota Jogja yang siap memanjakan mata dan menenangkan hati Anda. Segera kunjungi beberapa tempat sunset di Jogja tersebut, dan rasakan serta buktikan sendiri keindahan sunset di Jogja yang tidak tertandingi.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta
  • Save

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat pesona menakjubkan sang surya. Tempat ini cukup populer sebagai spot terbaik untuk melihat pesona sunrises, namun bukan berarti tidak dengan pemandangan sunsetnya ya. Pesona sunset di Kebun Buah Mangunan benar-benar tidak bisa diabaikan begitu saja dan wajib di masukkan dalam list objek wisata kunjungan Anda nantinya, terlebih untuk Anda yang menyambangi Jogja bersama teman.

Kesempatan memandang matahari terbenam di gardu pandang sungguh memberikan kesan menakjubkan yang sangat indah. Belum lagi keberadaan Sungai Oyo yang membelah Pegunungan Seribu, pasti Anda akan betah berlama-lama di tempat ini sambil menunggu sang surya menyapa dan bersembunyi di belakang perbukitan dengan pepohonan yang rindang. Benar-benar seperti surga dunia yang penuh pesona.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta
  • Save

Selain Kebun Buah Mangunan, Anda juga bisa mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo jika ingin menikmati pemandangan sunset terbaik. Kesempatan menikmati sunset di tempat ala Gurun Sahara, apakah Anda menginginkannya? Jika iya, maka coba saja sambangi Gumuk Pasir Parangkusumo. Anda bisa menemukan hamparan pasir yang luas di tempat ini dengan perpaduan pemandangan sunset yang eksotis. Di jamin Anda akan tergoda dengan potret tak biasa ini.

Jika biasanya berburu sunset sering dilakukan di perbukitan atau pantai, maka suasana khas gurun dengan latar belakang sunset di penghujungnya ini menjadi daya pikat tersendiri yang menggoda.Pastikan Anda mengabadikan potret terbaik di Gumuk Pasir Parangkusumo dengan latar belakang matahari terbenam di tengah hamparan pasir yang cantik.

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Yogyakarta
  • Save

Berikutnya ada Puncak Kosakora yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Puncak Kosakora menyuguhkan pemandangan yang cukup berbeda dari biasanya. Selain pesona khas alam perbukitan, suguhan pesona sunset di tempat ini juga mustahil diabaikan begitu saja lho. Bayangkan, kesempatan melihat matahari terbenam dengan pemandangan hijau khas perbukitan dan birunya air laut yang membentang di bawahnya, tentunya Anda akan terkesima sepanjang waktu. Di Puncak Kosakora, Anda bisa melihat langsung bagaimana baiknya Sang Pencipta yang menganugerahkan pesona alam sedemikian rupa di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan/Hotel Bintang 5 di Jogja

Garis senja membentang menembus cakrawala di Puncak Kosakora Jogja bisa Anda nikmati bersama keluarga, pasangan maupun teman. Cukup bercengkrama santai dan menikmati semilir angin sejuk di atas rumput halus, tentunya Anda bisa mendapatkan kesan berbeda dari tempat wisata yang satu ini.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat Yogyakarta
  • Save

Pantai Kesirat merupakan masih berada dalam satu kawasan dengan Kabupaten Gunungkidul. Selain pesona khas wisata pantai yang luar biasa indah, Pantai Kesirat juga menyuguhkan pesona sunset yang luar biasa mempesona. Berbeda dari pantai biasanya, di Pantai Kesirat Anda tidak akan menemukan pasir putih maupun gazebo seperti yang ada di pantai lainnya. Hal ini dikarenakan Pantai Kesirat merupakan sebuah curahan tebing yang berbatasan langsung dengan laut Pantai Kesirat. Tebing pada pantai ini ditumbuhi rumput hijau yang membuatnya semakin menarik dengan pesona pemandangan sunset yang tidak biasa.

Anda berkesempatan menikmati pemandangan sunset di pinggiran tebing. Cukup duduk berselonjor di sekitar pohon miring, maka Anda bisa merekam potret keindahan alam istimewa ini dengan mata. Nikmati suasana teduh, tenang dan sunyi di Pantai Kesirat. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Jogja, maka pastikan Anda menyempatkan diri untuk menikmati suguhan sunset di tempat ini.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu Yogyakarta
  • Save

Berbicara mengenai kota Jogja mungkin salah satu yang terlintas dalam benak Anda ialah kemegahan Candi Borobudur. Kawasan candi ini memang sering dipilih sebagai tempat menikmati pesona sunset terbaik. Namun tahukah Anda? Tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur terdapat sebuah puncak bukit yang bernama Punthuk Setumbu. Puncak ini laris diincar oleh sunset hunter yang ingin mengabadikan potret matahari terbenam.

Tidak jauh berbeda dengan kawasan Puncak Suroloyo, di Punthuk Setumbu Anda juga diharuskan mendaki undakan-undakan terlebih dahulu agar bisa sampai di gardu pandang di bukit paling atas. Anda bisa melihat pesona sunset dengan berlatarkan siluet Candi Borobudur yang kadang kalanya tertutup kabut di Punthuk Setumbu. Itulah beberapa daftar tempat sunset di Jogja, sudahkah Anda menentukan lokasi berburu sunset yang tepat?

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *