5 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Melihat Sunset

Sunset menjadi salah satu pemandangan alam dengan daya tarik tersendiri untuk banyak orang. Terlebih untuk Anda yang gemar dan ingin melakukan piknik sederhana tanpa harus ribet dan mengeluarkan banyak biaya. Bayangan duduk santai di alam bebas sambil menikmati semilir angin senja tentu saja cukup menggoda bukan? Sunset juga termasuk moment epic yang ditunggu-tunggu oleh pecinta fotografi, di mana para fotografer siap membidik kamera untuk menangkap foto menakjubkan berlatar belakang sunset.

Dari sekian banyak daerah di Indonesia, kawasan Jogja merupakan salah satu kawasan terbaik untuk melihat pemandangan sunset yang cantik. Ada banyak sekali spot memikat di kota Jogja yang siap menyuguhkan keindahan alam berlatar belakang sunset mempesona. Sudahkah Anda tahu di mana saja tempatnya? Sebagai informasi tambahan, yuk coba simak informasi yang berhasil kami rangkum di bawah ini!

Ratu Boko

Istana Ratu Boko Jogjakarta
  • Save

Ratu Boko merupakan kompleks reruntuhan bekas istana Ratu Boko yang ada di Jogja. Ratu Boko kerap menjadi spot incaran utama banyak orang yang mencari sunset atau biasa disebut sebagai sunset hunter. Tidak mengherankan, jika saat tiba di Ratu Boko Anda bisa melihat tempat ini dipenuhi oleh banyak orang, mulai dari masyarakat lokal hingga wisatawan yang datang dari berbagai daerah lainnya ke kota Jogja untuk menikmati sunset.

Reruntuhan bekas bangunan kerajaan Ratu Boko seakan bangkit kembali dan bermetamorfosis menjadi aset wisata yang cantik. Pantulan cahaya tampak berwarna jingga, amat sangat wajib untuk mengabadikan momen terbaik Anda di tempat ini. Suasana Ratu Boko yang sepi menjadi nilai tambah tempat ini. Bagaimana tidak, sangat tepat jika Anda datang bersama pasangan untuk memperoleh nuansa romantis.

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan/Hotel Bintang 5 di Jogja

Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog Yogyakarta
  • Save

Selanjutnya ada spot sunset bernama Bukit Parangendog yang merupakan salah satu spot terbaik di kawasan Jogja. Bukit Parangendog berlokasi di dekat Pantai Parangtritis, jadi Anda bisa mendapatkan gambaran sekilas bagaimana indahnya suasana sunset di tempat ini. Bukit Parangendog sendiri merupakan landasan take off olahraga paralayang yang difavoritkan banyak orang di Jogja. Pada event atau kegiatan paralayang di Parangtritis, kawasan Bukit Parangendog semakin ramai oleh penduduk setempat hingga wisatawan yang datang dari berbagai tempat Indonesia hingga luar negeri.

Sedangkan saat tak berlangsung event, Anda bebas mengabadikan pesona matahari terbenam di tempat ini. Ada banyak anak muda Jogya yang memenuhi kawasan Bukit Parangendog untuk berburu sunset cantik. Selain pantulan perbukitan yang cantik, pesona sunset ini semakin berbeda dengan deburan ombak laut di laut Selatan yang memberikan kesan magis. Benar-benar keindahan yang tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata.

Puncak Becici

Puncak Becici Jogjakarta
  • Save

Puncak Becici merupakan satu dari sekian banyak tempat sunset populer yang ada di Jogja. Puncak Becici berlokasi di daerah Dlingo, Bantul, Jogja. Saat ini Puncak Becici telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata hits anak muda Jogja. Selain menikmati pesona sunset dari atas bukit, Anda juga berkesempatan menikmati pemandangan sunset dari atas gardu pohon yang ada di sana. Silahkan panjat gardu pohon dengan hati-hati dan tangkap moment keindahan sunset dalam jepretan terbaik Anda di bukit mempesona ini.

Keberadaan gardu pohon di Puncak Becici menambah keunikan pesona sunset di Puncak Becici. Gardu mengarah langsung ke arah Barat dan benar-benar menyuguhkan lokasi terbaik untuk melihat sunset. Sangat tepat dan tentunya paling rekommended untuk Anda yang ingin membidik kamera saat sang surya mulai terbenam di langit Jogja.

Baca Juga: Baru ke Jogja? Inilah Empat Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi!

Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta
  • Save

Berikutnya ada Candi Ijo sebagai salah satu spot melihat sunset terbaik di kota Jogja. Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di kota Jogja dan menjadi salah satu wisata sunset paling rekommended untuk Anda yang mengaku sebagai sunset hunter. Saat sang surya secara perlahan turun dari langit dan kemudian melewati tengah-tengah candi, Anda bisa melihat bagaimana suguhan keindahan berkah karunia Tuhan yang sangat indah ini.

Matahari akan terbenam di balik perbukitan Menoreh dan sembunyi dengan biasan cahaya cantik berwarna orange melewati gerbang Candi Ijo. Benar-benar spot terbaik melihat sunset yang tidak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda tidak melewatkan pesona pemandangan sunset di Candi Ijo bersama keluarga, pasangan dan teman-teman ya!

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Yogyakarta
  • Save

Terakhir ada spot melihat sunset bernama Embung Nglanggeran yang merupakan sebuah danau buatan yang ada di perbukitan Nglanggeran, Gunung Kidul, Jogja. Kawasan Embung Nglanggeran yang berada di dataran tinggi menjadi kawasan terbaik dan paling tepat untuk berburu sunset. Tidak heran jika Embung Nglanggeran menjadi salah satu spot melihat sunset paling difavoritkan masyarakat setempat hingga wisatawan asing maupun domestik yang datang menyambangi objek wisata menarik di kota Jogja.

Baca Juga: Penginapan Dekat Malioboro Jogja dengan Kolam Renang

Anda akan dibuat terpana dengan pemandangan matahari yang turun dari singgasananya melewati permukaan air danau dengan pantulan cahaya yang berkilauan. Cukup duduk atau berdiri santai di pinggir pembatas danau Embung Nglanggeran, dan Anda bisa menunggu sunset hadir sambil bercengkrama dengan keluarga maupun teman Anda. Karena memberikan kesan romantis, tempat sunset di Jogja yang satu ini juga sangat layak menjadi lokasi memadu kasih bersama pasangan Anda lho.

Jika anda berencana untuk menikmati sunset di tempat wisata yang telah kami sebutkan diatas, ada baiknya jika anda mempersiapkan diri terlebih dahulu, misalnya untuk alat transportasinya, kami sarankan anda menggunakan sepeda motor yang bisa anda sewa di sewa motor jogja yang telah berpengalaman dan akan memberikan sedikit panduan menuju ke area wisata di Yogyakarta dan sekitarnya.

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *