7 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Jogja

7 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Jogja – Buat anda yang hobi travelling, dibawah ini beberapa rekomendasi wisata alam terindah yang wajib anda kunjungi saat berlibur di Jogja. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang mainstream hingga destinasi anti mainstream yang baru saja dibuka di Jogja. Yogyakarta memang kaya akan destinasi alamnya yang bagus dan indah. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan kota ini sebagai destinasi liburan selain Bogor, Malang, dll. Apalagi dengan kemudahan aksesnya dan fasilitas terbilang lengkap membuat orang betah untuk berlama-lama di salah satu kota budaya ini.

  1. Hutan Mangrove di Kulon Progo
    Hutan Mangrove di Kulon Progo
    Anda bisa mengawali penjelajahan anda dengan mengunjungi salah satu destinasi wisata baru yang berlokasi di Kulon Progo yang sedang hits akhir-akhir ini. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon ini lokasinya dekat dengan Pantai Congit dan dikenal juga dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Congot. Tentu saja anda bisa merasakan keindahan Hutan Mangrove ini ketika sudah sampai di sana, ditambah lagi dengan jembatan bambu berbentuk memanjang di tepinya membuat sensasi alamnya lebih terasa. Harga tiketnya pun terbilang murah dan akses menuju lokasi juga mudah.

    Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Sedang Hits

  2. Puncak 4G Gunung Gentong di Gunung Kidul
    Puncak 4G Gunung Gentong di Gunung Kidul
    Nama puncak 4G bukan berarti jaringan 4G. Sebutan ini memang ditujukan untuk Gunung Gentong yang berlokasi di Padukuhan Manggung, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Gentong memang sedang populer di sosial media karena keindahan alamnya yang bisa anda nikmati dari puncak tersebut. Tak ayal, banyak pengunjung yang langsung tertarik untuk mengunjungi puncak ini. Arti 4G sendiri singkatan dari Gunung Gentong, Gedangsari dan Gunung Kidul. Dari ketinggian puncak, anda bisa menyaksikan keindahan alam berupa hamparan berwarna hijau dengan paduan beberapa bukit di sekitarnya.
  3. Air Terjun Kedung Pengilon di Bantul
    Air Terjun Kedung Pengilon di Bantul
    Tentu saja tak hanya Kulon Progo dan Gunung Kidul yang mempunyai banyak lokasi wisata alam dan keindahan alamnya, kabupaten Bantul sendiri menyimpan destinasi alam yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pengilon yang berlokasi di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Lokasinya terbilang agak tersembunyi dan jauh dari keramaian kota sehingga cocok bagi anda yang ingin relaksasi menikmati keindahan alam. Air terjun ini terbilang masih sepi dengan suasana pedesaan yang sangat menenangkan. Airnya sangat jernih dan bersih membuat anda betah berlama-lama di Kedung Pengilon. Air Terjun yang ada di Bantul ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter dan ada kolam unik tepat di bawahnya dengan air berwarna biru kehijauan.

    Baca Juga : 10 Lokasi Wisata Alam Jogja Untuk Referensi Liburan Bersama Keluarga

  4. Pantai Drini di Gunung Kidul
    Pantai Drini di Gunung Kidul
    Bukan hanya Parangtritis, Yogyakarta punya banyak sekali destinasi pantai eksotis yang wajib anda kunjungi saat leburan. Bahkan beberapa pantai tersebut layak untuk disejajarkan dengan deretan pantai indah yang ada di Bali dan Lombok. Salah satunya Pantai Drini yang ada di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini terbilang unik karena memiliki pulau kecil di tengah-tengahnya sehingga terkesan membagi pantai tersebut menjadi dua dengan karakter yang berbeda pula. Bagian barat terlihat seperti tempat pelelangan ikan dan di sebelah timur terlihat seperti hamparan pasir putih yang sangat indah dengan terumbu karang yang tak kalah cantik. Tak perlu khawatir karena fasilitas di sekitar pantai cukup lengkap bahkan banyak gazebo yang sudah disiapkan untuk berteduh dan beberapa warung yang mengolah tangkapan laut.
  5. Gua Ngeleng di Gunung Kidul
    Gua Ngeleng di Gunung Kidul
    Gunung Kidul tak hanya dikenal dengan pantainya saja, namun ada sebuah goa yang tak kalah indahnya. Di Gunung Kidul sendiri memang bnayak goa cantik, salah satunya adalah Goa Ngeleng yang berlokasi di Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Ngeleng termasuk dalam jenis goa horizontal namun dikarenakan atap bagian tengah mengalami keruntuhan sehingga nampak seperti cekungan dan membuat goa ini terlihat seperti goa vertikal. Jika anda ingin mencapai dasar gua, terdapat dua jalur yang bisa anda tempuh yaitu menyusuri jaln setapak sejauh kurang lebih 1 km dan menggunakan tali untuk menuruninya secara vertikal. Gua ini juga sangat unik karena ada aliran sungai indah yang mengalir di dalam goa tersebut. Sungai ini bahkan mengalir deras ketika sedang musim hujan dan kering saat musim kemarau. Jadi waktu yang paling baik untuk berkunjung di goa ini adalah musim kemarau.

    Baca Juga : 11 Destinasi Wisata Alam Unik di Jogja

  6. Hutan Pinus Mangunan Dlingo di Bantul
    Hutan Pinus Mangunan Dlingo di Bantul
    Siapa sih yang tidak tahu tentang Hutan Pinus Mangunan Dlingo? Hampir semua pengunjung tentunya sudah akrab dengan destinasi wisata yang berlokasi di Bantul ini. Sesuai dengan namanya, destinasi hutan pinus ini berlokasi di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Anda bisa menikmati keindahan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi memberikan kesan unik dan indah.
  7. Curug Pulosari di Bantul
    Curug Pulosari di Bantul
    Jangan salah karena Bantul juga menyimpan destinasi air terjun yang sangat cantik, salah satunya Curug Pulosair yang berlokasi di Pajangan, Bantul. Air terjun ini memang tidak tinggi tetapi aliran airnya menyerupai tirai yang sangat indah. Bahkan anda bisa berendam atau berenang santai di kolam jernih tersebut.

    Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Nuansa Sejuk Ala Gunung di Jogja

Demikianlah 7 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Jogja yang bisa kami bagikan disini, semoga saja dengan adanya informasi mengenai destinasi wisata alam jogja ini bisa menambah wawasan anda. Dan seandainya saja anda sedang memerlukan alat transportasi berupa sepeda motor dan sejenisnya maka anda bisa menghubungi kami, karena kami adalah penyedia penyewaan motor di jogja yang sudah terkenal di kalangan para traveler di Indonesia dan dunia.

5/5 (2)

Tolong Dong Beri Bintang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *