Referensi Wisata Alam dan Gunung Di Jogja

Referensi Wisata Alam dan Gunung Di Jogja – Yogyakarta merupakan kota wisata yang memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari wisata gunung, pantai hingga perkebunan tehnya. Gunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di Indonesia dan terdapat di provinsi DIY. Lereng gunung merapi bisa digunakan sebagai tempat untuk sekedar camping atau berkemah. Selain itu masih banyak juga tempat wisata lainnya dibawah lereng merapi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran dengan keindahan wisata alam dan wisata gunung di Jogja, mari kita bahas satu persatu.

  1. Gunung Merapi
    Gunung Merapi YogyakartaJika membahas mengenai wisata gunung di Yogyakarta tentunya tidak jauh dari Gunung Merapi. Seperti sudah dikatakan sebelumnya, Gunung Merapi ini merupakan salah satu gunung yang masih dan paling aktif di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.968 mdpl. Erupsi yang cukup besar terjadi terakhir kali pada 2010 dan membuat beberapa jalur pendakian Merapi ditutup. Sebenarnya Gunung Merapi tidak hanya masuk area Yogyakarta melainkan mencakup beberapa kabupaten lainnya di Jawa Tengah seperti Magelang, Klaten dan Boyolali. Jalur pendakian gunung merapi bisa dibilang tidak mudah, oleh karena itu bagi pendaki yang akan menaklukan ketinggian Gunung ini harus mempersiapkan fisik secara matang. Jalur pendakian favorit para pendaki saat ini adalah jalur pendakian selo yang ada di Boyolali. Meskipun memiliki jalur pendakian yang tidak mudah, Gunung Merapi tetap menjadi salah satu Gunung favorit para pendaki.

    Baca Juga : Tempat Wisata Alam Pegunungan di Jogja

  2. Kaliadem
    Tempat Wisata KaliademKaliadem merupakan tempat wisata yang tepat berada di bawah lereng Merapi. Dari sini Anda dapat melihat keindahan Gunung Merapi tanpa penghalang sama sekali. Selain itu Anda dapat merasakan sejuknya hawa pegunungan dan mengamati fenomena vulkanik Gunung Merapi dari Kaliadem. Sebelum erupsi besar pada 2010, Kaliadem merupakan sebuah sungai dengan pepohonan hijau yang lebat. Namun setelah 2010, Kaliadem ini berubah menjadi sungai yang tidak lagi dikelilingi oleh pepohonan rindang karena pepohonan tersebut sudah mati terkena lahar dari erupsi Gunung Merapi. Di sepanjang jalan menuju Kaliadem Anda masih bisa melihat beberapa rumah yang menjadi korban erupsi. Rumah-rumah tersebut sudah ditinggalkan oleh penghuninya. Beberapa memilih untuk tetap menetap dan merenovasi rumahnya. Suasana pedesaan yang masih sangat alami dapat Anda lihat di sekitar wisata Kaliadem.

    Baca Juga : 7 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Jogja

  3. Panguk Kediwung
    Bukit Panguk Kediwung JogjakartaBagi Anda yang menyukai udara pagi dilengkapi dengan kabut dan matahari terbit, Puncak Kediwung adalah tempat yang tepat Kediwung dibuka pertama kali pada 2016 dan selalu menjadi incaran pecinta sunrise. Anda akan melihat hamparan kabut yang luas yang dibarengi sinar matahari terbit. Rute yang digunakan untuk sampai ke Kediwung sama dengan rute menuju Mangunan. Anda hanya cukup membayar tiket parkir sebagai tiket masuk. Ada banyak gardu pandang yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berselfie dan mengabadikan momen. Kabut yang terhampar luas terlihat seperti lautan kabut.

    Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Sedang Hits

  4. Puncak Suroloyo
    Puncak SuroloyoPuncak Suroloyo berada di ketinggian 2000 mdpl menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Dari atas Puncak Suroloyo Anda bisa melihat pemandangan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Kulonprogo. Tempat ini sangat cocok sekali digunakan untuk melihat matahari tenggelam. Namun sebaliknya, jika Anda berniat untuk melihat sunrise sebaiknya pertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu. Karena biasanya Puncak Suroloyo ini akan tertutupi kabut pada pagi hari sehingga akan sulit untuk melihat matahari terbit. Perlu diketahui bahwa Puncak Suroloyo ini adalah titik Perbukitan Manoreh tertinggi yang terbentang di sepanjang Kulonprogo.

    Baca Juga : 10 Lokasi Wisata Alam Jogja Untuk Referensi Liburan Bersama Keluarga

  5. Gunung Api Purba Nglanggeran
    Gunung-Nglanggeran-JogjakartaGunung Nglanggeran sangat cocok sekali bagi Anda yang gemar camping dan berkemah. Di Gunung Api Purba ini Anda akan menemukan banyak bebatuan. Pada awalnya Gunung Nglanggeran terbentuk dari lava beku dan juga batu-batu andesit. Untuk sampai ke area camping, Anda memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk menanjak. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh Gunung Nglanggeran, puncak yang tertinggi diberi nama Puncak Gunung Gedhe. Sedangkan puncak lainnya yaitu Gunung Kelir, Gunung Lima Jari dan Gunung Wayang. Bagi Anda yang sedang merencanakan libur akhir pekan bersama teman atau keluarga dengan santai, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat yang sangat cocok.

    Baca Juga : 11 Destinasi Wisata Alam Unik di Jogja

  6. Kebun Teh Nglinggo
    Kebun-Teh-Nglinggo-JogjaYogyakarta adalah kota wisata yang memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap. Kebun Teh Nglinggo terletak di Kabupaten Kulonprogo. Kebun teh ini merupakan satu-satunya yang ada di wilayah DIY. Lebih tepatnya Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Kecamatan Samigaluh Desa Wisata Nglinggo. Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, udara di perkebunan teh ini sangatlah sejuk. Begitu sampai di perkebunan teh ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan hijau luas pohon-pohon teh. Anda bisa berjalan berkeliling kebun teh untuk menikmati keindahan pemandangannya dan sekedar mengabadikan momen.

    Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Nuansa Sejuk Ala Gunung di Jogja

Liburan ke Yogyakarta akan selalu menyenangkan. Adat istiadat Jawa yang masih sangat kental, warganya yang ramah, tempat wisatanya yang lengkap dan berbagai kuliner khasnya akan sangat memanjakan Anda. Masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta. Di Gunung Kidul ada banyak pantai yang bisa dikunjungi. Demikian beberapa referensi wisata alam dan gunung yang bisa menjadi referensi tambahan bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Jogja. Jika anda sedang memerlukan alat transportasi yang murah dan mudah anda bisa menyewa sepeda motor hanya di penyewaan motor di jogja yang memiliki koleksi sepeda motor yang hampir lengkap dengan syarat mudah dan harga yang terjangkau, silahkan anda coba hubungi kami maka kami akan siap membantu semua keperluan anda.

5/5 (4)

Tolong Dong Beri Bintang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *