Tempat Wisata Alam Jogja Terbaru di Bukit Panguk Kediwung

Tempat Wisata Alam Jogja Terbaru di Bukit Panguk Kediwung adalah lokasi yang terbilang cukup baru di daftar panjang tempat wisata di Jogja. Sama halnya dengan tempat wisata baru yang menawarkan sesuatu yang menarik, tempat wisata ini pun langsung menyita perhatian masyarakat yang gemar berburu tempat baru untuk dijelajahi, terutama yang menyukai pemandangan indah. Bukit Panguk Kediwung yang berada di kawasan Mangunan ini punya udara khas perbukitan yang sejuk, dengan pemandangan hamparan pepohonan yang rindang dan hijau sehingga tubuh pun akan terasa lebih segar karena udara yang lebih kaya akan oksigen. Populer di kalangan anak muda Jogja sebagai tempat wisata berburu matahari terbit, apa saja yang menarik dari Bukit Panguk Kediwung ini? Ini dia ulasannya untuk referensi Anda.

Tempat Wisata Alam Jogja Terbaru di Bukit Panguk Kediwung
  • Save
Panorama di Tempat Wisata Alam Jogja Terbaru di Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Kawasan Mangunan adalah kawasan yang saat ini tengah jadi topik hangat bagi para pemburu tempat wisata. Dua objek wisata terkenal di Mangunan adalah Kebun Buah dan juga Hutan Pinus yang menawarkan pengalaman liburan dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang super fotogenik. Kebun Buah Mangunan bahkan dikenal sebagai kebun buah di atas awan karena ketika pagi hari, kawasan ini tertutup awan kabut yang cukup tebal dan berada di bawah area wisata. Letak lokasi wisata Bukit Panguk Kediwung tidak terlalu jauh dari kedua tempat wisata tersebut. Tepatnya ada di Dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Dari arah kota Jogja Anda bisa mengambil rute ke arah Imogiri. Sudah ada papan petunjuk yang mengarahkan pengunjung untuk ke tempat-tempat wisata yang ada di Mangunan jadi jangan khawatir kesulitan.

Berburu matahari terbit di Bukit Panguk Kediwung

Bagi Anda yang suka berburu pemandangan matahari terbit, Bukit Panguk Kediwung punya spot yang sangat tepat dengan horizon yang luas dan tanpa batas. Meski cuaca dingin dan untuk naik ke atas bukit agak membutuhkan usaha, namun banyak orang terutama di kalangan anak muda yang rela datang pagi-pagi buta untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari atas gardu pandang. Anda pun juga bisa merasakan sendiri sakralnya suasana matahari terbit dari atas bukit dikelilingi oleh hutan yang masih gelap di bawah kaki Anda, kabut yang tebal, dan warna semburat langit yang luar biasa. Untuk lebih amannya, kenakan sepatu yang sesuai untuk kegiatan outdoor karena kadang tanjakannya licin. Sebaiknya juga tidak datang ke wisata Bukit Panguk Kediwung ketika cuaca sedang buruk atau habis hujan.

Baca Juga: 6 Penginapan di Jogja yang Nyaman Dekat Pantai Parangtritis

Jika melihat pemandangan matahari terbit bukan agenda utama Anda, tempat wisata baru Bukit Panguk Kediwung ini juga cukup keren jika dikunjungi pada siang hingga sore hari. Di siang hari Anda bisa puas berfoto di beberapa objek menarik yang sengaja dibuat di pinggir bukit. Seperti misalnya berfoto di perahu kertas, di atas teratai, kereta kencana, di atas dermaga, dan sebagainya. Mengabadikan momen liburan dengan berfoto berlatar belakang area perbukitan dan aliran sungai di kejauhan menjadi aktivitas favorit yang dilakukan oleh pengunjung. Namun bagi yang phobia ketinggian sebaiknya menghindari area spot foto karena letaknya yang berada di pinggir jurang.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Untuk saat ini belum dikenakan harga tiket masuk ke lokasi wisata Bukit Panguk Kediwung. Pengunjung hanya dikenakan biaya untuk parkir saja. Jika belum berubah, harga parkir untuk kendaraan sepeda motor adalah Rp. 2.000, untuk mobil Rp. 3.000. Sedangkan untuk kendaraan yang lebih besar tampaknya jalannya belum memadai karena medannya juga cukup sulit untuk dilewati kendaraan yang besar seperti bus misalnya.

Biaya lain yang harus Anda siapkan ketika berkunjung ke tempat wisata Bukit Panguk Kediwung adalah biaya untuk berfoto di spot-spot tertentu. Untuk masing-masing atraksi dikenakan tarif Rp. 3.000 sedangkan kameranya bisa menggunakan kamera Anda sendiri. Jika ingin mengadakan sesi foto pre-wedding pun juga akan dikenakan biaya khusus yang bisa Anda komunikasikan dengan pihak pengelola. Bagaimana? Tertarik untuk memasukkan Bukit panguk Kediwung ke daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi silahkan hubungi sewa motor jogja dulu ya?

5/5 (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *