Wisata Alam Jogja Yang Bisa Menjadi Referensi Liburan

Wisata Alam Jogja Yang Bisa Menjadi Referensi Liburan – Jogja tidak hanya terkenal sebagai ibukota Provinsi dengan banyak wisata pantai tetapi juga wisata alamnya. Bila anda saat ini belum mengenal wisata alam Jogja maka kini adalah saatnya anda mulai untuk mengenalnya. Dan disini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai wisata alam Jogja yang sayang kalau anda lewatkan begitu saja, tak hanya karena keindahan alamnya, juga anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang cukup berharga disana. Berikut adalah lokasi wisata alam Jogja yang bisa menjadi alternatif pilihan saat liburan.

    1. Bukit Panguk Kediwung
      Bukit Panguk Kediwung Jogjakarta
      • Save
      Dari atas bukit yang berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul ini Anda bisa menyaksikan hamparan bukit hijau yang sangat luas. Tidak hanya itu, diwaktu-waktu tertentu Anda akan merasa seperti berada diatas awan karena kabut yang menutupi permukaan bukit. Meski jalan untuk menuju lokasi wisata yang satu ini cukup ekstrim, pemandangan yang ditawarkan akan membuat Anda puas.

      Baca Juga : Wisata Alam Jogja Untuk Pacu Adrenalin Anda

    2. Tebing Breksi
      Tebing Breksi
      • Save
      Tebing Breksi yang berlokasi di Sambirejo, Prambanan ini awalnya merupakan bekas area tambang batu breksi. Namun demikian, sejak ditemukan jejak abu vulkanik dari Gunung Purba Nglanggeran, tebing ini berubah menjadi cagar budaya yang diminati wisatawan asing maupun domestik. Keunikan yang bisa terlihat dari tempat ini dan membedakan dari lokasi wisata lain di Jogja adalah ukuran naga yang ada disisi anak tangga menuju bagian puncak tebing dan deretan batu tebing yang disusun membentuk tempat pertunjukan.

      Baca Juga : Berburu Keindahan Surga Wisata di Jogja

    3. Air Terjun Kedung Pedut
      Air Terjun Kedung Pedut
      • Save
      Ketika Anda ingin menikmati air terjun dwiwarna di Jogja, Anda bisa mencoba datang ke Jatimulyo, Kulon Progo. Anda bisa menikmati kesegaran air terjun dengan bersantai di bangku bambu yang ada di sekitar air terjun atau melakukan olahraga flying fox. Air terjun Kedung Pedut yang terletak di desa Jatimulyo ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 70 menit dari pusat kota.
    4. Goa Langse
      Goa Langse
      • Save
      Jika Anda suka dengan hal-hal yang berbau Islam kejawen, Anda bisa mencoba datang ke Goa Langse. Goa yang terkenal keramat ini memiliki trek yang dijamin menguji adrenalin Anda. Terletak dekat dengan pantai Parangtritis, jalur untuk mencapai goa ini dapat dikatakan sangat berbahaya karena Anda perlu menghadapi jalur sepanjang 400m yang nyaris tegak lurus dengan tebing.

      Baca Juga : Tempat Wisata Alam Jogja Yang Keren Dan Indah

    5. Air Terjun Kedung Kandang
      Air Terjun Kedung Kandang
      • Save
      Jika Anda senang dengan pemandangan pedesaan, Anda bisa mencoba datang ke air terjun Kedung Kandang. Air terjun yang berlokasi di Nglanggeran Patuk ini memiliki enam tingkatan yang bermuara pada persawahan penduduk. Udara segar dan gemericik air yang terdengar di tempat wisata satu ini dijamin membantu Anda untuk menenangkan diri.
    6. Watu Giring
      Watu Giring
      • Save
      Selain Tebing Breksi, ada tempat wisata alam lain di Jogjakarta yang mengusung tema batuan. Obyek wisata Watu Giring yang berlokasi di Villa Jelok, Pacarejo, Semanu ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1.5 jam. Obyek wisata Watu Giring terbentuk dari kumpulan batuan kapur bekas tambang yang sekilas terlihat seperti reruntuhan kuil Suku Maya. Ditempat ini, Anda bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan dan mengabadikannya di handphone atau perlengkapan fotografi lainnya.
    7. Kaliurang
      Tempat Wisata Kaliurang Jogja
      • Save
      Obyek wisata alam Kaliurang yang terletak di lereng Gunung Merapi memiliki daya tarik tersendiri tidak hanya untuk wisatawan dalam negeri tetapi juga wisatawan asing. Ditempat ini, ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus, seperti Tlogo Putri, Gardu Pandang, maupun bukit Turgo. Udaranya yang dingin dan segar sangat bermanfaat untuk memulihkan kondisi fisik yang sudah kelelahan karena bekerja seharian.
    8. Kebun Teh Nglinggo
      Kebun-Teh-Nglinggo-Jogja
      • Save
      Satu lagi obyek wisata alam yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Jogjakarta yaitu kebun teh Nglinggo. Kebun teh yang terletak di Kulonprogo ini termasuk satu-satunya perkebunan yang terletak 800mdpl dan selain belajar memetik teh secara langsung, Anda juga bisa belajar teknik membuat teh atau hanya sekedar berselfie.

      Baca Juga : Tempat Wisata Alam Jogja yang Memikat dan Mempesona

    9. Puncak Suroloyo
      Sunset di Puncak Suroloyo
      • Save
      Obyek wisata Puncak Suroloyo terletak tidak jauh dari kebun teh Nglinggo. Dengan ketinggian 2000mdpl, pemandangan yang ditawarkan tempat ini terasa sangat berbeda dari tempat lain, terlebih saat matahari terbit maupun tenggelam.
    10. Gunung Api Purba Nglanggeran
      Gunung Api Purba Nglanggeran
      • Save
      Ketika Anda berkunjung ke daerah Gunungkidul, ada wisata alam Gunung Api Purba Nglanggeran yang bisa Anda kunjungi selain wisata pantai. Meski bukan merupakan gunung aktif, obyek wisata yang satu ini memiliki pemandangan unik berupa susunan lava beku dan batuan andesit yang menawan. Untuk menikmati ketenangan dan kesegaran udara di tempat ini, Anda bisa mencoba berkemah dan melakukan aktivitas trekking di sore hari.
    11. Grojogan Lepo Dlingo
      Grojogan Lepo Dlingo
      • Save
      Beralamat di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Grojogan Lepo Dlingo termasuk obyek wisata alam yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Obyek wisata ini terdiri dari tiga air terjun dengan laguna tampungan air yang memiliki kedalaman sekitar 2m. Jika Anda tidak ingin berenang, Anda bisa menyewa ban yang disewakan oleh warga sekitar untuk menyusuri laguna sambil mengapung. Salah satu spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto sekaligus bersantai ada di tepi grojogan dalam bentuk kursi gantung.
    12. Kebun Buah Mangunan
      Kebun Buah Mangunan Jogjakarta
      • Save
      Ketika Anda ingin mendatangi lokasi yang penuh dengan hijaunya perbukitan dan udara segar, Anda bisa mencoba datang ke kebun buah Mangunan. Ditempat ini, pengunjung yang datang bisa menyaksikan pegunungan Sewu dari kejauhan dan sungai Oya. Ketika cuaca cukup berkabut, Anda akan merasa berada di negeri awan karena sepanjang mata memandang yang terlihat hanya hamparan kabut yang tebal. Namun demikian, untuk bisa mencapai lokasi wisata alam Jogja yang satu ini, Anda perlu menempuh jalur darat sekitar 90 menit.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Wisata Alam Jogja Yang Bisa Menjadi Referensi Liburan yang dapat kami bagikan disini, semoga saja dengan adanya informasi mengenai tempat wisata alam jogja ini bisa menambah pengetahuan dan wasan anda. Dan untuk terakhir kalinya kami hanya sekedar mengingatkan kepada anda, bila anda saat ini sedang membutuhkan alat transportasi berupa sepeda motor anda bisa berkunjung ke sewa motor di jogja yang merupakan tempat penyewaan sepeda motor yang sudah tersohor di kota Jogja.

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *