6 Tujuan Wisata Belanja Jogja Paling Seru

Senang rasanya bisa kembali hadir disini untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pelanggan rental motor jogja yang berbahagia. Indahnya pengalaman berwisata ke Jogja akan kurang lengkap jika tak menyempatkan diri berbelanja di beberapa lokasi. Salah satu alasan yang menguatkan identitas wisata belanja jogja ialah bagaimana kita bisa memperoleh produk-produk istimewa dengan harga murah. Hal itu juga yang menambah keseruan berwisata belanja di Jogja. Nah, mana sajakah tempatnya?

  1. Malioboro: Surga Belanja Pelancong di Jogja
  2. Kawasan ini sangat ikonik dan siapa saja yang ke Jogja setidaknya pernah ke sini meski cuma lewat. Namun kalau kebutuhan Anda adalah wisata belanja, tentu tak akan sekadar lewat di sini, bukan? Yang membikin kawasan ini sangat ikonik dan spesial tak lain karena dari jalur sepanjang kira-kira satu kilometer, yang kita jumpai adalah berbagai toko dan penjual lesehan baik di sebelah kiri dan kanan. Pusat belanja modern dan tradisional saling berdampingan dengan rukun sementara suasana keasyikan di tengah-tengah keramaian itu membaur begitu akrab. Anda bisa menyusuri kawasan ini nyaris seharian untuk berbelanja berburu oleh-oleh atau cuma nongkrong di titik nol yang merupakan ujung jalur Malioboro yang dimulai dari Stasiun Tugu. Sekarang kawasan ini pun sudah dibersihkan dari area parkir yang dulunya membikin padat dan terlalu sesak. Sudah ada lokasi khusus sebagai lahan parkir di mana Anda bisa mengawalinya sebagai jalur perjalanan. Jangan lupa juga untuk menelusuri lorong-lorong di setiap sisi Malioboro karena masih banyak juga spot belanja yang harusnya Anda ketahui.

    Baca Juga Lokasi Wisata Belanja Khas Kota Jogja

  3. Pasar Beringharjo: Konveksi Murah Meriah
  4. Pasar ini masih terletak di kawasan Malioboro. Jadi, sekalian saja berkunjung ke pasar ini kalau melakukan wisata belanja di Malioboro. Apa yang istimewa dari pasar ini? Pertama, dari segi sejarah. Usia pasar ini sama dengan usia Kraton Jogjakarta yang didirikan sejak tahun 1758. Dan bangunan aslinya pun masih dipertahankan dengan sedikit penyesuaian untuk pondasi yang lebih kuat dan ruang-ruang lebih lega. Mempertimbangkan dari aspek sejarah itulah kenapa pasar ini sangat penting jika membicarakan soal pusat perputaran ekonomi dari perspektif tradisional. Pasar ini juga kerap menjadi rujukan jika hendak berburu beragam konveksi dengan harga murah meriah. Tapi selain produk konvenksi tentu saja ada beragam jajanan tradisional, bahan makanan, dan apa saja yang kita pahami sebagai pasar tradisional.

  5. Pasar Klithikan: Barang Bekas, Barang Baru, Semua Bisa Ditawar
  6. Dahulu pasar ini hanya beroperasi selepas senja di kawasan Jalan Mangkubumi atau tepatnya di bagian utara Tugu Jogjakarta. Namun setelah direlokasi akhirnya disatukan di sebuah bangunan khusus yang berada di Pakuncen, Wirobrajan. Pasar Klithikan dulu juga hanya dikenal sebagai tempat beredarnya barang-barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan. Namun seiring dengan relokasi dan penyatuan tersebut, Anda pun bisa menemukan berbagai produk barang baru. Dan tentu saja semua produk itu bisa ditawar mulai dari barang-barang antik, smartphone, onderdil otomotif, baju, sepatu, dan masih banyak lagi karena bangunan ini lumayan luas dan bertingkat.

    Baca Juga : Tempat Wisata Belanja Jogja yang Kami Rekomendasikan

  7. Shopping Center: Pusat Buku Langka dan Murah
  8. Kawasan ini juga legendaris khususnya bagi para mahasiswa atau yang sudah lama tinggal dan belajar di Jogja. Dahulu Shopping merupakan lokasi alternatif untuk berburu buku-buku bekas dan langka dengan harga yang sangat murah. Selama bertahun-tahun nama Shopping pun masih melekat di benak kebanyakan orang di Jogja meski namanya sudah diganti menjadi Komplek Buku Taman Pintar. Silakan bagi yang gemar membaca dan mengoleksi berbagai bacaan tinggal mampir ke tempat ini. Letaknya pun tak jauh dari Malioboro tepatnya di sebelah timur diapit oleh Taman Pintar dan Taman Budaya. Banyak pilihan asyik khususnya yang memang sangat doyan membaca.

  9. Sunday Morning: Belanja Seru di Minggu Pagi
  10. Anda punya waktu liburan yang lumayan panjang dan di hari minggu pagi yang cerah sebaiknya menyempatkan diri mampir ke Sunday Morning. Lokasinya berada di kawasan UGM yaitu tepatnya di Jalan Olahraga, Bulaksumur yang berdekatan dengan Masjid Kampus. Sunday Morning kini semakin diramaikan oleh berbagai penjual baik kuliner, produk aksesoris, barang bekas, dan sebagainya. Namanya juga Pasar Tumpah, jadi lapak-lapaknya pun memenuhi jalan di sepanjang pinggiran bangunan-bangunan kampus. Anda sebaiknya datang ke pasar ini agak awal, yaitu menjelang jam 6 pagi sekalian menikmati kesegaran udara di kawasan UGM yang masih sangat asri. Pasar ini berakhir kira-kira menjelang tengah hari.

    Baca Juga : Tempat Wisata Belanja Jogja yang Terkenal

  11. Pasar Senthir: Siap-siap Bawa Senter Kalau Belanja
  12. Keunikan Pasar Senthir adalah jam bukanya yang sangat terbatas. Dimulai kira-kira sore sebelum senja sampai sekitar jam 9 malam. Tapi apa yang akan Anda temukan di sini adalah atmosfir hangat dan sangat menggugah naluri untuk berburu barang-barang langka. Berbagai jenis barang dijual di sini mulai baju, sepatu, kaset, CD, DVD, lukisan, barang-barang antik dan patut dikoleksi. Areanya yang tak terlalu luas justru menambah keakraban bersama para pelapak yang kadang ada juga yang berjualan secara dadakan. Lokasinya berada di sebelah timur Maliboro, atau tepatnya masuk salah satu gang kecil. Berhubung fasilitas penerangannya terbatas, Anda sebaiknya membekali diri dengan senter kalau mau berburu dan mengamati sejumlah barang yang ditawarkan di sana.

5/5 (6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *